Klasemen dan Nasib Timnas Indonesia di Piala Asia Usai Takluk 1-3 dari Jepang di Laga Terakhir Putaran Grup

Klasemen dan Nasib Timnas Indonesia di Piala Asia Usai Takluk 1-3 dari Jepang di Laga Terakhir Putaran Grup

Pesepak bola Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (kiri) dan Elkan Baggott (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Jepang Koki Machida (kanan) saat bertanding pada penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/20-Yusran Uccang-ANTARA

FIN.CO.ID - Timnas Indonesia menyerah 1-3 dari Jepang pada laga terkahir Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024.

Ayase Ueda menjadi pencetak dua gol Jepang pada menit ke-5 dan ke-54, sementara satu gol tambahan didapat dari gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-88. Di sisi lain, satu gol Indonesia diciptakan oleh Sandy Walsh pada menit ke-90+1.

Dengan hasil ini Timnas Indonesia mengoleksi kemenangan tunggal dan dua kali kalah pada penyisihan Grup D, maka Indonesia tinggal menunggu hasil pertandingan match day 3 lainnya untuk melihat posisi dalam klasemen akhir.

Sebanyak empat tim yang menjadi peringkat tiga terbaik berhak lolos ke fase gugur 16 besar. 

Nasib Timnas Indonesia saat ini bergantung dengan hasil dua pertandingan lainnya yaitu antara Yordania vs Bahrain dan Oman vs Kirigistan yang akan dipertandingkan pada Kamis, 25 Januari 2024.

Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 bila Yordania menang telak lawan Bahrain di Grup E. 

BACA JUGA:

Yordania minimal harus menang 2-0 atas Bahrain. Dengan demikian Timnas Indonesia akan unggul jumlah gol atas Bahrain ketika selisih gol Indonesia dan Bahrain sama-sama minus tiga dengan poin 3.

Indonesia juga bisa lolos bila Yordania menang dengan selisih tiga gol, baik itu 3-0, 4-1, dst. Timnas Indonesia akan lolos dengan keunggulan selisih gol atas Bahrain.

Namun jika Bahrain kalah dengan selisih satu gol atau kalah selisih dua gol namun bisa mencetak gol (1-3, 2-4, dst), maka Bahrain yang akan unggul atas Indonesia.

Selain itu skema Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar Piala Asia jika Oman bermain imbang dengan Kirgistan. 

Bila ini terjadi, Oman hanya punya dua poin di akhir klasemen grup F.

Dengan demikian, Timnas Indonesia punya jumlah poin lebih banyak dibandingkan Oman.

 

Klasemen akhir Grup D Piala Asia 2023 Qatar:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: