Pilpres 2024

Survei ISC: Pilpres 2 Putaran Pasangan Prabowo-Gibran Tetap Menang Telak

fin.co.id - 22/01/2024, 17:51 WIB

Capres Cawapres 2024

FIN.CO.ID - Hasil survei terbaru lembaga survei Indonesia Survey Center (ISC) menyebut pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bakal menang Pemilihan Presiden (Pipres) 2024, baik 1 maupun 2 putaran.

Bahkan jika 2 putaran, pasangan Prabowo-Gibran menang telak.

Peneliti Senior ISC Chairul Pane mengatakan berdasarkan hasil survei dengan simulasi Head to Head antara pasangan Prabowo-Gibran dengan dua pasangan lainnya tetap unggul.

Ketika diadu antara Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud, hasilnya 63,3 persen banding 24,5 persen dengan undecided voters 12,2 persen .

Dihadap-hadapkan antara Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin, hasilnya 69,9 persen banding 20,7 persen dengan tingkat undecided voters 9,4 persen.

"Strong voters cenderung terus meningkat, sementara swing voter sebaliknya. Pasangan Prabowo-Gibran memperoleh porsi strong voters terbesar jika dibandingkan paslon lainnya," kata Chairul dalam keterangannya, Senin, 22 Januari 2023.

BACA JUGA:

Sementara berdasarkan hasil survei terhadap ketiga kandidat, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 52 persen pada kontestasi Pilpres 2024.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ada di urutan kedua dengan elektabilitas 21,7 persen, disusul duet Ganjar Pranowo-Mahfud Md. di urutan ketiga dengan elektabilitas 18,1 persen. Adapun sisanya terdiri atas undecided voters sebanyak 8,2 persen.

"Pasangan Prabowo-Gibran memenangi pertarungan dengan memperoleh 52,0 persen," katanya.

Berdasarkan data tersebut, Chairul memperkirakan Prabowo-Gibran berpeluang besar untuk memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran saja.

"Hasil survei ini menunjukkan bahwa pemilu berpotensi besar akan berlangsung satu putaran. Prabowo-Gibran akan menjadi pemenangnya," ujarnya.

Apalagi, lanjut  dia, data yang disampaikan pada hari ini jika dibandingkan dengan data sebelumnya menunjukkan tren peningkatan yang positif dari Prabowo-Gibran.

"Dinamika elektabilitas pasangan calon pascadebat, Prabowo-Gibran justru trennya meningkat, dan pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud cenderung menurun dari periode survei November 2023," kata Chairul.

BACA JUGA:

Gatot Wahyu
Penulis
-->