Debat Keempat Pilpres, Mahfud MD Serang Pemerintahan Jokowi Soal impor Pangan dan Food Estate, Sinyal Mundur dari Kabinet?

Debat Keempat Pilpres, Mahfud MD Serang Pemerintahan Jokowi Soal impor Pangan dan Food Estate, Sinyal Mundur dari Kabinet?

Cawapres Mahfud MD saat debat keempat Pilpres 2024-M Risyal Hidayat-ANTARA

FIN.CO.ID - Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar kompak menyerang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu, 21 Januari 2024.

Kedua cawapres menyerang Pemerintahan Jokowi terkait program Food Estate yang dikomandani Prabowo Subianto.

Keduanya menilai food estate sebagai upaya dalam nejaga ketahanan pangan dinilai gagal.

Cawapres nomor urut 01, Muhaimin menyebut program food estate terbukti mengabaikan petani dan harus dihentikan. 

“(Program food estate) meninggalkan masyarakat adat kita, menghasilkan konflik agraria dan bahkan merusak lingkungan kita. Ini harus dihentikan,” katanya. 

Sedangkan cawapres nomor urut 03 Mahfud menyebut bahwa program food estate yang gagal telah merusak lingkungan. 

BACA JUGA:

Mahfud mengemukakan sumber alam untuk memihak rakyat ukurannya ada empat, yakni pemanfaatan, pemerataan, partisipasi masyarakat dan penghormatan terhadap hak-hak yang diwariskan leluhur.

“Kami akan menggunakan empat tolak ukur itu, tetapi saya tidak melihat pemerintah melakukan langkah-langkah, apa sih yang diperlukan ini untuk menjaga kelestarian lingkungan alam kita,” tegas Mahfud, Minggu (21/1/2024).

“Jangan misalnya seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan, yang bener aja, rugi dong kita,” tambah Mahfud. 

Tidak hanya itu, Mahfud MD yang saat ini juga Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menkritik terkait impor komoditas pangan Pemerintahan Jokowi yang terus berlangsung, meski pada tahun 2029 berjanji tidak akan mengimpor pangan.

"Pada tanggal 17 Februari 2019 dalam sebuah debat capres, Pak Prabowo mengatakan bahwa Pak Jokowi menyampaikan tidak akan mengimpor komoditas pangan jika terpilih sebagai presiden. Ternyata Pak Prabowo, 4 tahun masih mengimpor (pangan) dan itu merugikan banyak petani," ucap Mahfud.

"Itu dulu Pak Prabowo bertanya katanya Pak Jokowi nggak mau impor beras. Faktanya per hari ini (masih)," lanjutnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: