Survei Pilpres 2024 Terbaru: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 50,9 Persen

Survei Pilpres 2024 Terbaru: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tembus 50,9 Persen

Pasangan Capres Cawapres Prabowo-Gibran.-Foto: Instagram/@prabowo-

fin.co.id - Lembaga Survei and Polling Indonesia (SPIN) merilis survei terbaru Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melonjak.

Elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat berada di angka 50,9 persen setelah debat ketiga Pilpres 2024.

"Elektabilitas pasangan calon versi survei SPIN, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mencapai 50,9 persen setelah debat ketiga," kata Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin 15 Januari 2024.

Survei SPIN tersebut dalam kurun waktu 8—14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

BACA JUGA:Survei SPIN: Apabila Ada Putaran Kedua, Prabowo-Gibran Menang Telak vs Anies-Imin atau Ganjar-Mahfud

Dalam survei itu menyebutkan bahwa upaya Ganjar dan Anies yang mencoba mendegradasi Prabowo Subianto dalam debat ketiga ternyata tidak berhasil. Elektabilitas Anies malah merosot, begitu pula dengan Ganjar.

Debat capres yang diselenggarakan oleh KPU pada hari Minggu, 7 Januari 2024 tidak berpengaruh pada pilihan mereka dalam Pilpres 2024.

Mayoritas publik atau 72,9 persen mengaku acara tersebut tidak memengaruhi pilihan mereka terhadap masing-masing capres.

Dengan demikian, Igor menilai debat ketiga Pilpres 2024 tidak menjadi referensi bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya.

BACA JUGA:Survei SPIN Pascadebat Ketiga: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi Capai 50,9 Persen, Potensi Satu Putaran

Sebelumnya, Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei jelang Pilpres 2024, Senin (15/1). Hasilnya, paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran.

Direktur eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyebut elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik melampaui 50%. Angka tersebut melesat semakin jauh mengungguli dua paslon lainnya.

"Perolehan suara untuk 02, cenderung meningkat jadi 50,9%. Saya bisa bayangkan, kalau tinggal 0,1% lagi, jadi 51%.berarti 50+1, bisa satu putaran," kata Igor melalui paparan daring.

Adapun paslon nomor urut 1, Anies-Muhaimin meraih elektabilitas sebesar 18,7% dan paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud mendapat elektabilitas sebanyak 23,5%.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: