Roy Suryo Apresiasi KPU yang Gunakan 1 Mic Dalam Debat Capres Semalam

Roy Suryo Apresiasi KPU yang Gunakan 1 Mic Dalam Debat Capres Semalam

Roy Suryo Dipolisikan terkait ujaran kebencian--

FIN.CO.ID- Pemerhati Telematika dan Multimedia Independen, Roy Suryo mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait debat Calon Presiden (Capres) yang digelar pada Minggu malam di Istora Senayan Jakarta.

Apresiasi Roy Suryo terkait para capres yang tampil hanya dengan menggunakan satu mic atau mikrofon. Hal ini berbeda dengan debat cawapres atau debat kedua yang menggunakan tiga mikrofon.

"Secara obyektif disampaikan kepada KPU dan Konsorsium TV yang menayangkan debat ke-3 untuk Capres di Istora Senayan, 07/01/24 malam ini, karena benar-benar membuktikan bahwa Cukup 1 MIC alias microphone tunggal sudah cukup dan bahkan tampil dengan sangat baik," kata Roy Suryo lewat pesan WhatsApp, dikutip pada Senin 8 Januari 2024. 

BACA JUGA:

Roy Suryo mengatakan, dalam debat semalam, sesekali terlihat Capres nomor 3 Ganjar Pranowo menggunakan WMH (Wireless Microphone HandHeld) sebagai backup pada saat berbicara, namun dia menilai hal itu masih sangat fair dan normal.

"Bukan terlihat seperti seseorang atau bahkan robot yang terbebani dengan menggunakan perangkat-perangkat yang dipasangkan kepadanya secara tidak manusiawi," ujar Roy.

Roy mengatakan, 1 mic bisa dipakai di podium dalam debat. Dia berharap, cara ini bisa diterapkan oleh KPU pada debat selanjutnya. Terutama debat cawapres yang akan digelar pada 14 Januari 2024.

"Ini harus bisa dipakai lagi untuk debat selanjutnya, utamanya Debat ke-4 cawapres tanggal 14/01/24  yang mana setiap kandidat harus tampil bersih tanpa ada alat atau gadget apapun yang terpasang pada wajah atau tubuhnya," ujar Roy Suryo.

BACA JUGA:

Bila perlu, kata Roy Suryo, para kandidat diperiksa dengan X-Ray sebagaimana ditantang oleh salah satu kandidat.

"Berani buktikan sendiri dengan melakukan X-Ray sebelum naik penggung debat dan seluruh masyarakat Indonesia menjadi saksinya," ujar Roy Suryo.

"Sehingga kita bisa melihat semua calon Pemimpin kita tampil manusiawi, apa adanya, bukan seperti robot atau terminator dengn alat-alat elektronik yang terpasang pada wajah dan tubuhnya lagi," imbuh Roy Suryo.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, tanggapi balik Roy Suryo yang menudingnya menggunakan tiga mikrofon dan alat bantu dalam debat cawapres 22 Desember 2023 lalu. 

Gibran mengatakan, dalam debat kedua cawapres pada 14 Januari 2024 nanti, dia persilahkan untuk dipasangkan alat X-Ray yang mendeteksi adanya kecurangan. Gibran berujar, hal itu agar Roy Suryo bisa puas dan tidak menuduhnya lagi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: