Survei Indikator Politik: Prabowo-Gibran Capai 46,9 Persen Berpeluang Menang 1 Putaran

Survei Indikator Politik: Prabowo-Gibran Capai 46,9 Persen Berpeluang Menang 1 Putaran

(Kiri-kanan) capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka--

FIN.CO.ID- Hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan elektabilitas pasangan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpeluang menang satu putaran pada Pemilihan Presiden pada 14 Februari 2024 mendatang. 

Berdasarkan survei yang digelar oleh Indikator Politik pada 25-27 Desember 2023, paslon dari Koalisi Indonesia Maju itu meraih elektabilitas hingga 46,9%. 

Angka tersebut melambung jauh meninggalkan paslon nomor urut 1, Anies-Muhaimin dengan elektabilitas 23,2%; dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraup elektabilitas sebesar 22,2%.

BACA JUGA:

"Tidak menutup kemungkinan satu putaran terjadi. Ada kemungkinan itu, ada peluang," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi lewat siaran persnya, dikutip pada Minggu 7 Januari 2024.

Kendati demikian, Burhanuddin memberi catatan bahwa paslon nomor urut 2 masih harus melakukan banyak gebrakan untuk mencapai angka lolos satu putaran. 

Ia mengatakan salah satu yang perlu diwaspadai oleh paslon 02 adalah stagnansi suara. 

"Artinya perlu ada terobosan lain," tutur Burhanuddin.

Sementara itu, hasil yang sama juga diungkap oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Jumat 5 Januari 2024.

BACA JUGA:

Direktur LSI Djayadi Hanan menyebut, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menempati elektabilitas pertama dengan perolehan 46,7 persen. 

Selanjutnya, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh angka 26,6 persen dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) memperoleh suara 16,2 persen. 

Bila pilpres diadakan pada saat survei dilakukan, maka pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 46,7%, disusul Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang mendapat dukungan 26,6%, dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar di angka 16,2%. 

Masih ada sekitar 10,4% pemilih yang belum memutuskan pilihannya atau tidak menjawab. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: