Survei LSI: Prabowo-Gibran Ungguli AMIN dan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur, Ini Persentasenya

Survei LSI: Prabowo-Gibran Ungguli AMIN dan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur, Ini Persentasenya

Surat suara capres-cawapres Pemilu 2024--

fin.co.id - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran mengungguli dua calon lainnya di Jawa Timur.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Jumat 5 Januari 2024.

Direktur LSI Djayadi Hanan menyebut, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menempati elektabilitas pertama dengan perolehan 46,7 persen. 

Selanjutnya, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh angka 26,6 persen dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) memperoleh suara 16,2 persen. 

BACA JUGA:Pengamat Prediksi Pilpres 2024 Berlangsung 2 Putaran

"Paslon nomor urut dua yakni Prabowo-Gibran mengungguli Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud," kata Djayadi Hanan, Jumat 5 Januari 2024.   

Bila pilpres diadakan pada saat survei dilakukan, maka pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 46,7%, disusul Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang mendapat dukungan 26,6%, dan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar di angka 16,2%. 

Masih ada sekitar 10,4% pemilih yang belum memutuskan pilihannya atau tidak menjawab. 

Dengan tingkat dukungan tersebut, maka di Jawa Timur, pilpres bisa berlangsung dua putaran. Diperkirakan yang masuk putaran kedua adalah Prabowo – Gibran dan Ganjar – Mahfud. 

BACA JUGA:Survei LSN: Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Muhaimin Posisi ke 2, Ganjar-Mahfud Anjlok

Arah dukungan pemilih partai-partai pengusung calon presiden dan wakil presiden cenderung sejalan dengan dukungan partai masing-masing. 

Namun di kalangan pemilih PKB, arah dukungan cenderung terbelah antara Anies – Muhaimin dan Prabowo – Gibran. 

Sementara itu, kalangan pemilih PPP cenderung lebih banyak yang mendukung Prabowo – Gibran, tidak sejalan dengan dukungan partai tersebut kepada Ganjar – Mahfud. 

Kalangan pemilih yang menyatakan puas dengan kinerja presiden, cenderung lebih banyak yang mendukung Prabowo-Gibran, disusul Ganjar-Mahfud. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: