Diduga Data Pribadinya Disebar Aplikasi Pinjol, Penyanyi Veri AFI Dapat Tagihan Fiktif

Diduga Data Pribadinya Disebar Aplikasi Pinjol, Penyanyi Veri AFI Dapat Tagihan Fiktif

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Akademi Fantasi Indosiar, Veri Afandi atau Veri-Dokumen Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Veri Afandi atau Veri, penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Akademi Fantasi Inddosiar (AFI), mendapat teror dari aplikasi Pinjaman Online (Pinjol).

Kuasa Hukum Veri AFI, Mila Ayu Dewata mengungkapkan, kliennya kerap mendapat pesan pinjaman sudah jatuh tempo, meski tidak pernah mengajukan pinjaman.

"Ada pemberitahuan melalui SMS bahwa pengajuan pinjaman klien kami sudah jatuh tempo, sedangkan klien kami merasa tidak pernah mengajukan pinjaman ke aplikasi manapun," ungkap Mila Ayu kepada fin.co.id Jumat 5 Januari 2024.

Dalam pesan singkat, pihak Pinjol mengancam akan menyebarkan dan mengajukan pinjaman atas nama Veri Afandi ke 60 Aplikasi Pinjol lainnya.

BACA JUGA :

"Ancaman itu benar dilakukan, nama klien kami terdaftar mengajukan pinjol di beberapa aplikasi. pihak debtkolektor mengirimkan SMS dan juga WA kepada beberapa orang yang namanya ada di handphone klien kami," jelasnya.

Mila Ayu mengatakan, pihak Pinjol juga kerap mengirimkan pesan singkat ke beberapa orang yang nomornya, tercantum dalam handphone Veri AFI.

"Depkolektor aplikasi tersebut mengirimkan SMS dan juga WA kepada beberapa orang yang namanya ada di contact klien kami, dengan kata kata kasar, kotor dan mengancam," kata Mila Ayu kepada fin.co.id

Atas peristiwa Pinjol itu, kini Veri AFI telah mendatangi Polres Kabupaten Bogor untuk membuat laporan terkait ilegal akses yang dialaminya sejak bulan Desember 2023.

"Maka dari itu kami melaporkan tindak pidana penyebaran data pribadi, yang jelas merugikan debitur, baik secara psikologi maupun fisik, hal itu melanggar prinsip kerahasiaan data nasabah," ucapnya.

BACA JUGA :

Diketahui sebelumnya, Veri AFI sempat menginstal aplikasi Pinjol pada bulan Desember 2023 lalu karena merasa penasaran.

Veri Avi harus memasukkan KTP dan nomor rekening pribadinya, meski saat itu merasa tidak tertarik dengan tenor pinjaman yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Namun sekitar 1 Minggu usai menginstal aplikasi, Veri AFI tiba-tiba mendapat pemberitahuan melalui pesan singkat bahwa pengajuan pinjaman klien sudah jatuh tempo.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: