Diduga Aniaya Relawan Ganjar hingga Luka Berat, 15 Anggota TNI Ditahan

Diduga Aniaya Relawan Ganjar hingga Luka Berat, 15 Anggota TNI Ditahan

Ilustrasi TNI--

FIN.CO.ID- Sebanyak 15 oknum TNI ditahan oleh Danyonif Raider 408/Sbh dan Denpom IV/4 Surakarta buntut dari penganiayaan terhadap relawan Ganjar Pranowo di depan markas Kompi B Yonif Raider 408/SBH, Jalan Perintis Kemerdekaan, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu 30 Desember 2023.

15 Anggota TNI ditahan atas perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak untuk mempermudah proses pemeriksaan dan penyelidikan atas peristiwa tersebut.

"Telah memerintahkan Danyonif Raider 408/Sbh dan Denpom IV/4 Surakarta untuk menahan 15 prajurit terduga kasus penganiayaan guna memeriksa, menyelidiki dan mendalami keterlibatan oknum prajurit tersebut, serta melakukan proses hukum sesuai prosedur yang berlaku," kata Kadispenad Brigjen Kristomei Sianturi dalam keterangannya, Ahad 31 Desember 2023.

BACA JUGA:

Kristomei mengatakan pimpinan TNI AD selalu berkomitmen untuk menegakkan aturan hukum yang berlaku. Maka dari itu, setiap prajurit yang melakukan pelanggaran akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan.

"Oleh karenanya, siapa pun nanti oknum anggota yang terbukti bersalah dalam kasus penganiayaan tersebut, tentu akan diambil langkah dan tindakan tegas sesuai aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Di sisi lain, Kristomei mengatakan Maruli selaku KSAD melalui Pangdam IV/Diponegoro juga meminta maaf kepada masyarakat Boyolali atas peristiwa tersebut.

"Kodam IV/Diponegoro juga telah berkoordinasi dengan para pihak terkait untuk membantu pengobatan terhadap para korban," ucap Kristomei.

BACA JUGA:

Sebelumnya, Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Md, Todung Mulya Lubis mengatakan, 1 relawan Ganjar-Mahfud meninggal dunia akibat dianiaya pendukung paslon lain. 

Sementara 4 orang lainnya luka-luka dikeroyok oknum TNI. 

"Kami mendapatkan laporan dari Klaten dan Boyolali, ini laporan dan tindak kekerasan yang sangat tidak bisa diterima. Satu meninggal dunia dan empat orang mengalami luka-luka berat," kata Todung di Djakarta Teater, Jakarta, Sabtu 30 Desember 2023.

Dia mengatakan satu orang meninggal dunia berasal dari Klaten dan meninggal di rumah sakit. 

"Yang meninggal dunia ini adalah relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang diduga mengalami kekerasan dan brutalitas oleh oknum pasangan calon yang lain," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: