Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Papua, Begini Penjelasan BMKG

Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Papua, Begini Penjelasan BMKG

Gempa bumi di Papua--

FIN.CO.ID- Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,5 guncang wilayah timur laut Kobagma, Papua Pegunungan pada Ahad 31 Desember 2023 sekitar pukul 00.16 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG mencatat gempa bumi itu berpusat di darat, tepatnya di koordinat 2,89 lintang selatan dan 139,44 bujur timur atau 95 km timur laut Kobagma dengan kedalaman 30 km.

BMKG menyampaikan gempa ini dirasakan di Kota Jayapura dengan skala intensitas MMI III-IV (modified mercally intensity).

BACA JUGA:

Artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Gempa juga dirasakan di wilayah Kabupaten Sarmi dan Wamena dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

BMKG mengimbau agar masyarakat hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:

Dipicu Aktivitas Sesar. 

Selanjutnya, BMKG mendeteksi gempa tersebut akibat aktivitas sesar naik di zona Anjak Mamberamo pada kedalaman 50 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar naik di zona Anjak Mamberamo," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Ahad 31 Desember 2023.

Dia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

BACA JUGA:

Daryono juga memutakhirkan informasi gempa yang pada awalnya berkekuatan magnitudo 6,5 di wilayah timur laut Kobagma, Papua Pegunungan, menjadi magnitudo 6,4 di wilayah Bonggo, Sarmi, Papua.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,96 lintang selatan dan 139,42 bujur timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak satu kilometer arah selatan Bonggo, Sarmi, Papua, dengan parameter update magnitudo 6,4," paparnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: