Ini 2 Lembaga Survei yang Prediksi Prabowo-Gibran vs Anies-Muhaimin Maju Putaran Kedua

Ini 2 Lembaga Survei yang Prediksi Prabowo-Gibran vs Anies-Muhaimin Maju Putaran Kedua

Kaleidoskop 2023 panggung politik: debat capres dan cawapres perdana pilpres 2024--Foto: Instagram/@infocimahi.co

FIN.CO.ID- Dua lembaga survei merilis hasil surveinya yang menempatkan elektabilitas pasangan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muaimin Iskandar (AMIN) alami kenaikan dan menggeser pasangan nomor urut 3 Ganjar Prabowo-Muhaimin Iskandar dari posisi kedua, dan turun ke posisi ke tiga. 

Dua lembaga survei itu yakni survei Indo Riset dan Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia. Kedunya mengeluarkan hasil riset pada akhir Desember 2023 atau tepat pada Kamis 28 Desember 2023. Lantas seperti apa pemaparannya:

BACA JUGA:

Survei Indo Riset. 

Lembaga survei Indo Riset menempatkan elektabilitas Prabowo-Gibran teratas dengan yakni sebesar 41%. Posisi kedua Anies-Cak Imin 28,3%, dan posisi buncit Ganjar-Mahfud 22,3%.

Survei Indo Riset dilakukan pada periode 18 hingga 23 Desember 2023 atau seminggu setelah debat capres yang diselenggarakan KPU. 

Sampel dipilih secara acak mempertimbangkan proporsi antara jumlah penduduk dengan distribusi sampel per provinsi, proporsi penduduk yang tinggal di pedesaan dan perkotaan, serta proporsi jenis kelamin laki-laki dan perempuan (50:50).

Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Peneliti Indo Riset, Roki Arbi mengatakan, ada kenaikan elektabilitas pada pasangan nomor 1 Anies-Muhaimin. Sementara pasangan Ganjar-Mahfud justru alami penurunan.

BACA JUGA:

"Dari ketiga calon presiden, elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengalami kenaikan dari 24,8% pada November 2023 menjadi 28,3% pada Desember 2023. Elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengalami penurunan dari 45,1% pada November 2023 menjadi 41% pada Desember 2023. Sementara elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengalami stagnasi dari 24,8% pada November 2023 menjadi 22,3% pada Desember 2023," kata Roki dalam jumpa pers di Rumah Wijaya, Jakarta Selatan, Kamis 28 Desember 2023. 

Dari hasil itu, Roki menilai peluang pilpres untuk terjadi dalam satu putaran masih cukup berat.

"Memang dari awal kita rilis ya, entah kah itu bulan Maret sampai ini, kita selalu mengatakan capres akan berlangsung dua putaran. Karena belum ada capres hasil survei kita menyentuh angka 50%," ucap Roki.

BACA JUGA:

Survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia

Lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia merilis hasil risetnya pascadebat capres cawapres putaran kedua. Hasilnya, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: