Survei Terbaru Pascadebat: Prabowo-Gibran 43 Persen, Posisi Kedua Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud Keok!

Survei Terbaru Pascadebat: Prabowo-Gibran 43 Persen, Posisi Kedua Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud Keok!

Kaleidoskop 2023 panggung politik: debat capres dan cawapres perdana pilpres 2024--Foto: Instagram/@infocimahi.co

FIN.CO.ID- Lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia merilis hasil risetnya pascadebat capres cawapres putaran kedua. Hasilnya, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul telak. 

CSIS menyebut, Prabowo-Gibran unggul sebesar 43,7 persen. Di posisi kedua pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskanda sebesar 26 persen. Posisi terakhir pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 19,4 persen. 

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengatakan, dalam survei itu, masih terdapat 6,4 persen pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan, dan 4,5 persen yang mengaku tidak tahu/tidak jawab. 

BACA JUGA:

"Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon," katanya saat memaparkan hasil survei yang disiarkan langsung di kanal YouTube CSIS, Rabu 27 Desember 2023.

Polling CSID dilaksanakan secara nasional dengan tatap muka pada 13-18 Desember 2024.

Metode yang digunakan adalah "multistage random sampling" yang mempertimbangkan proporsi antara jumlah pemilih dan jumlah sampel pada setiap provinsi, berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan. 

Proporsinya jenis kelamin perempuan-pria dan wilayah urban-rural, dengan "primary sampling" unit berada pada level desa/kelurahan.

Jumlah sampel sebesar 1.300 orang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. "Margin of error";survei ini sebesar lebih kurang 2,7 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:

Pendukung AMIN Puas Kinerja Jokowi

Selain itu, SCIS juga mengungkapkan bahwa sebanyak 52,2 persen pendukung paslon AMIN mengaku puas dengan kinerja pemerintahan Presiden RI Joko Widodo

"Hasil survei ini kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung," kata Arya Fernandes. 

Dia menjelaskan bahwa, Indikator kepuasan tersebut meliputi sejumlah program strategis yang digagas oleh Pemerintah seperti program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, program Pengurangan Angka Kemiskinan, program Pemberantasan Korupsi, serta program untuk menjaga stabilitas harga pokok.

Masing-masing program secara berurutan memperoleh persentase sebesar 69,5 persen, 52,8 persen, 48,4 persen, dan 41,4 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: