Selain Firli Bahuri, Penyidik Juga akan Periksa 5 Saksi Hari Ini

Selain Firli Bahuri, Penyidik Juga akan Periksa 5 Saksi Hari Ini

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (kanan) bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu (22/11/2023). ANTARA/Risky Syukur--

FIN.CO.ID- Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dijadwalkan diperiksa hari ini sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Selain Firli, Polda Metro Jaya juga aka periksa lima orang saksi lainnya .

"Ada pemeriksaan terhadap lima orang saksi lainnya juga pada saat yang sama, " kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Rabu 27 Desember 2023. 

Namun demikian, Ade Safri tidak menjelaskan identitas lima saksi lain itu. 

Selain itu, Ade Safri juga memastikan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri akan memenuhi panggilan penyidik di Bareskrim Polri, Rabu ini.

BACA JUGA:

"Dari konfirmasi yang disampaikan kuasa hukum tersangka FB (Firli Bahuri), bahwa tersangka akan hadir memenuhi panggilan penyidik, "ucapnya.

Mantan Kapolrestabes Surakarta tersebut juga menjelaskan agenda pemeriksaan Firli Bahuri pada Rabu ini adalah pendalaman harta di luar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Firli kembali dijadwalkan menjalani pemeriksaan tambahan di lantai 6, Ruang Dittipidkor, Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu 27 Desember 2023.

Pemeriksaan tersebut akan menjadi yang ketiga kalinya bagi Firli sebagai tersangka, setelah dia diperiksa pada tanggal 1 dan 6 Desember 2023.

Firli Bahuri sebelumnya mangkir dari panggilan penyidik pada Kamis 12 Desember 2023 lalu. Firli tidak hadir dengan alasan ada kegiatan penting yang tidak bisa ditinggalkan.

BACA JUGA:

Selain itu, Firli beralasan meminta penundaan pemeriksaan karena saksi meringankan yang diajukan oleh pihaknya belum diperiksa.

Penasihat hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar mengatakan, kali ini kliennya akan hadir. 

"Ya, hadirlah, kami diundang, hadir toh, pasti hadir," kata Ian kepada wartawan di Jakarta, Rabu 27 Desember 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: