Stasiun TV Penyelenggara Buka Suara Soal Polemik Gibran Pakai 3 Mic Dalam Debat, Begini Katanya ...

Stasiun TV Penyelenggara Buka Suara Soal Polemik Gibran Pakai 3 Mic Dalam Debat, Begini Katanya ...

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dedek Prayudi, turut angkat bicara soal label 'nepo baby' dari media asing terhadap Gibran Rakabuming --

FIN.CO.ID- Debat cawapres yang digelar pada Rabu Jumat Desember 2023 lalu jadi sorotan. Pasalnya, cawapres nomor urut 2 disebut-sebut menggunakan 3 mikrofon sekaligus. Menanggapi itu, Stasiun TV penyelenggara debat angkat bicara. 

Stasiun TV penyelenggara memastikan tidak berikan keistimewaan khusus ke salah satu kandidat. 

"Konsorsium penyelenggara yang terdiri dari Transmedia, KompasTV dan BTV tidak memberikan keistimewaan/preferensi perlakuan pada calon mana pun," demikian keterangan tertulisnya dilansir pada Selasa 26 Desember 2023.

BACA JUGA:

Dijelaskan bahwa segala sesuatu dalam debat, dilaksanakan dengan melibatkan diskusi bersama masing-masing tim paslon. Mulai dari materi debat hingga mikrofon yang digunakan. 

"Prinsip utama yang dimintakan KPU adalah kesetaraan dan keadilan bagi seluruh peserta, untuk memastikan pesan dalam debat sampai pada publik dengan cara sebaik-baiknya. Ini termasuk jatah waktu penyampaian, jumlah tim pendukung, sampai dengan tone dan volume mikrofon," paparnya.

Selain itu, dikatakan bahwa masing-masing paslon menggunakan 3 mikrofon. Hal ini dilakukan untuj antisipasi apabila terjadi malfungsi pada salah satu. 

"Pemakaian tiga lapis devices ini juga telah menjadi standar yang makin banyak dipakai penyelenggara siaran live event prominen sebagai bentuk kewaspadaan bilamana terjadi malfungsi alat saat acara berlangsung," jelasnya.

BACA JUGA:

Berikut 3 lapis device yang dimaksud:

1. Mikrofon skin tone countryman, yang menempel di pipi melalui cantolan telinga dan kabelnya melingkar di belakang leher peserta serta transmitter bodypack yang di pasang di celana atau pinggang bagian belakang atau saku celana peserta.

2. Clip-on bodypack, menempel di baju juga dengan transmitter bodypack, yang dipasang di celana atau pinggang bagian belakang atau saku celana peserta.

3. Mikrofon tangan WHM (wireless handheld microphone) diletakkan di tiap podium peserta.

"Dinamika debat dan mobilitas peserta di atas panggung, bisa saja jadi penyebab malfungsi alat sehingga mikrofon terpasang tak bisa berfungsi normal. Keputusan memakai 3 lapis devices sekaligus ditujukan agar tiap lapis alat dapat menjadi cadangan, jika alat yang lain bermasalah," ungkapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: