Bikin Kejutan, Gibran Serang Mahfud dan Cak Imin di Debat Cawapres

Bikin Kejutan, Gibran Serang Mahfud dan Cak Imin di Debat Cawapres

Menurut survei terbaru Polling Institute, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 memperoleh dukungan yang signifikan dari pemilih Jokowi. -ANTARA/M Risyal Hidayat-

fin.co.id - Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menghujani calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, pertanyaan perihal pembuatan regulasi untuk teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon atau Carbon Capture and Storage.

“Ini karena Prof Mahfud adalah ahli hukum, saya ingin bertanya bagaimana regulasi hukum untuk Carbon Capture and Storage,” tanya Gibran kepada Mahfud saat debat cawapres yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat 22 Desember 2023.

Mahfud pun menjawab dalam membuat regulasi harus dimulai dengan naskah akademik.

“Satu membuat naskah akademiknya dulu, naskah akademiknya apa, naskah akademik itu kalau mengikuti pola yang sederhana aja, misalnya regulasi yang udah ada bagaimana, kalau yang belum ada bagaimana, kemudian opportunity-nya bagaimana, kemudian kapasitas lembaganya bagaimana, kemudian ideologisnya bagaimana,” jawab Mahfud.

BACA JUGA:Serangan Balik Gibran Jawab Pertanyaan Mahfud dan Cak Imin saat Bahas IKN hingga Selebrasi

Ia berpandangan bahwa hal tersebut merupakan hal yang penting dalam membuat perundangan-undangan. Selain itu, menurut dia juga diperlukan pengawasan anggaran.

“Yang terpenting bagi saya itu pengawasan keuangannya,” imbuh Mahfud.

Namun, menurut Gibran, jawaban dari Mahfud kurang menjelaskan pertanyaan yang ia lontarkan.

“Tapi kembali lagi ke pertanyaan saya, Prof Mahfud menjawab dua menit, tapi pertanyaan saya belum dijawab sama sekali, apa regulasinya Pak untuk Carbon Capture and Storage, simple sekali pak, mohon dijawab sesuai pertanyaan yang saya tanyakan Pak, tidak perlu ngambang kemana-mana,” ujar Gibran.

Mahfud pun menegaskan kembali jawabannya. Menurutnya, dalam ilmu hukum perlu diketahui permasalahan dasar dan untuk mengetahui itu maka diperlukan naskah akademiknya terlebih dahulu.

BACA JUGA:Debat Cawapres, Gibran Siapkan Langkah Buka 19 Juta Lapangan Kerja Jika Jadi Cawapres

“Jadi buat naskah akademik, kita diskusikan, itu sebuah prosedur,” jawab Mahfud.

Bahkan, GIbran juga menanyakan hal yang tak bisa dijawab cawapres Muhaimin Iskandar soal SGIE. Gibran menanyakan bagaimana upaya yang akan dilakukan Cak Imin dalam 

"Karena Gus Muhaimin ini Ketua Umum PKB, saya yakin sekali bisa menjawab pertanyaan ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin meningkatkan peringkat Indonesia di SGIE," kata Gibran. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: