Banteng Terluka

Banteng Terluka

Donald Trump--

Lincoln memerangi mereka. Menang. Agar tidak terjadi lagi pelanggaran konstitusi dilakukanlah perubahan UUD ke-14.

Sungguh ini Natal dan tahun baru yang menyesakkan bagi Trump dan tim. Masalah hukum yang ia hadapi banyak sekali. Dua yang di New York juga sudah menjelang putusan. Pun yang di Georgia. Banyak lainnya menunggu sidang.

Bagi Trump CREW adalah batu dalam sepatu. Yang menjabat CEO di CREW saat ini seorang ahli hukum lulusan sekaligus dua universitas terkemuka di Amerika: Yale dan Stanford University. Juga pernah berkarir di kementerian hukum. CREW --Citizens for Responsibility and Ethics in Washington-- bukan pekerjaan sampingan baginya. Namanya: Noah Bookbinder. "Keputusan di Colorado itu tidak hanya bersejarah tapi juga agar demokrasi terjaga di masa depan," katanya kepada media di sana.

CREW menilai Trump adalah presiden yang paling korup dan paling tidak menjaga etika. Laporan CREW soal Trump sebanyak 3.700. Semua menyangkut penyalahgunaan wewenang dan conflict of interest antara jabatan dan bisnis pribadinya.

CREW memang menyorot juga presiden dan anggota DPR dari Demokrat tapi lembaga ini dinilai memiliki kesamaan ideologi dengan partai Demokrat. Bahkan terang-terangan CREW didirikan sebagai imbangan atas kuatnya lembaga sejenis yang berideologi mirip partai Republik.

Pinternya CREW Amerika seperti Boyamin yang dari Solo: legal standing penggugatnya harus kuat. Dari enam orang penggugat itu ada yang anggota Partai Republik. Ada juga pejabat daerah. Enam orang itu dari berbagai latar belakang politik dan kepentingan.

Sebenarnya Trump bisa minta tolong DPR yang lagi dikuasai Republik. Bisa saja DPR membatalkan putusan Colorado itu. Hanya syaratnya yang berat: harus didukung 2/3 suara. Republik hanya menguasai separo lebih sedikit.

Trump pasti naik banding. Ia seorang petarung yang luar biasa. Ia kini ibarat Banteng terluka: akan menyeruduk siapa saja. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber:

Berita Terkait

Lia Ahok

1 hari

James Camino

1 minggu

Seragam Baru

1 minggu

DK Jakarta

1 minggu