Dilarang Baperan, Timnas AMIN: Anies Singgung Etik Bukan Personal, Tapi untuk Tatanan Bernegara

Dilarang Baperan, Timnas AMIN: Anies Singgung Etik Bukan Personal, Tapi untuk Tatanan Bernegara

Momen Prabowo Subianto menanggapi Anies dengan mengatakan kalau Jokowi diktator, Anies tidak akan terpilih jadi Gubernur DKI, Selasa 12 Desember 2023-Youtube/KPU RI -

FIN.CO.ID - Polemik 'Ndasmu Etik' yang disampaikan Prabowo Subianto mengomentari pernyataan Anies Baswedan soal pelanggaran etik pada debat calon presiden (capres) masih berlanjut.

Jubir Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Angga Putra Fidrian menyebut pernyataan Anies Baswedan soal etika politik pada debat capres tak bertujuan menyerang personal capres.

Pernyataan Anies Baswedan soal etika politik ditujukan tak lain untuk tatanan bernegara. 

Ditegaskannya jika pembicaraan etik ditujukan untuk personal, maka akan banyak yang dibahas.

"Itu kalau kami omongin soal etik personal (banyak yang bisa dibahas); tetapi kan yang diomongin (Anies) adalah bagaimana perasaan Pak Prabowo kalau melihat ada pelanggaran etik di tingkat undang-undang, gitu," katanya, Senin, 18 Desember 2023.

Salah satu hal soal etik personal, menurut Angga, ialah soal Prabowo Subianto yang meninggalkan pendukungnya di Pilpres 2029 demi masuk ke kabinet pemerintahan rivalnya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Angga menegaskan kembali bahwa yang dimaksud Anies saat debat ialah bukan soal hubungan antara orang dengan orang, melainkan antara pihak yang memiliki kepentingan dengan yang memiliki kewenangan negara.

"Tetapi kan etik yang coba di-spin sama timnya Pak Prabowo, supaya perdebatan jadi ke etik personal, gitu. Padahal bukan begitu yang dimaksud," kata Angga.

Angga memahami bahwa ucapan Prabowo itu berada di lingkup agenda internal. Namun demikian, dia menilai tetap saja harus berhati-hati walaupun berada di acara internal.

"Kalau pimpinannya nggak menghargai etik, ya, ke bawahnya nggak menghargai etik. Mungkin itu yang mau disampaikan, cuma mungkin salah caranya," ujarnya.

Masalah terkait etik dalam debat pertama capres Pemilu 2024 kembali dibahas setelah muncul sebuah video yang menampilkan capres Prabowo Subianto diduga menyindir Anies Baswedan.

Dalam video tersebut, Prabowo berkelakar soal pertanyaan dari capres lain yang ditujukan kepadanya menyangkut masalah etik.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: