Respon Pernyataan 'Ndasmu Etik', Anies: Etik Itu Mulainya dari Kepala, Kalau Kepala Tak Punya Etika, Apalagi Bawahnya

Respon Pernyataan 'Ndasmu Etik', Anies: Etik Itu Mulainya dari Kepala, Kalau Kepala Tak Punya Etika, Apalagi Bawahnya

Foto : Anies Baswedan--

FIN.CO.ID - Calon Presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan merespon pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut 'Ndasmu Etik'. 

Pernyataan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto soal 'Ndasmu Etik' disampaikan saat Rakornas Gerindra. 

Pernyataan Prabowo diduga ditujukan ke Anies Baswedan. Diduga pernyataan tersebut untuk menanggapi atas pertanyaan Anies pada debat Pilpres kemarin. 

Terkait pernyataan 'Ndasmu Etik', Anies Baswedan menyebut bahwa memang etika itu dimulainya dari kepala.

“Memang etik itu mulainya dari kepala. Kalau kepala tidak memiliki etika, apalagi bagian yang di bawahnya," ujarnya di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu, 16 Desember 2023.

BACA JUGA:

"Jadi memang benar mulainya dari kepala dan dengan begitu yang di bawahnya agar ikut,” sambungnya.

Video Ndasmu Etik Viral

Sebelumnya Video capres Prabowo Subianto yang menyebut kalimat 'Ndasmu' beredar luas di media sosial. Diduga Prabowo menyindir capres Anies Baswedan terkait tema debat perdana beberapa waktu lalu.

Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik, etik etik? Ndasmu etik," kata Prabowo Subianto dalam video yang beredar seperti dikutip fin.co.id pada Sabtu, 16 Desember 2023. 

Kalimat Ndasmu yang diucapkan Prabowo Subianto tersebut disambut tepuk tangan dan riuh suara peserta yang berada di bagian depan panggung. 

Ucapan Ndasmu tersebut diduga disampaikan Prabowo Subianto dalam acara Konsolidasi internal Partai Gerindra, yang dilaksanakan di EXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Jumat, 15 Desember 2023 kemarin.  

Meski sifatnya internal, diduga kuat video yang direkam oleh salah satu peserta konsolidasi tersebut bocor ke media sosial. Hingga akhirnya menjadi viral. Bahkan hastag Ndasmu trending di medsos X alias Twitter.

Ndas dalam bahasa Jawa artinya kepala. Dalam kultur Jawa, ucapan Ndas ini tergolong kasar. Jika kalimatnya digabung menjadi: 'Ndasmu etik' artinya kepalamu atau kepala lu etik.       


Kata Ndasmu yang diucapkan Prabowo Subianto jadi trending topic di media sosial X alias Twitter-fin/diolah-X Twitter

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: