Bangun Sarana Pendidikan dan Kesehatan Tahun 2024, Pemkab Bekasi Siapkan Dana Rp 300 Miliar

Bangun Sarana Pendidikan dan Kesehatan Tahun 2024, Pemkab Bekasi Siapkan Dana Rp 300 Miliar

Pejabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat melakukan peninjauan pembangunan -Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menganggarkan dana sekitar Rp 300 Miliar lebih, melalui alokasi APBD Tahun 2024 untuk sarana pendidikan dan kesehatan.

Anggaran tersebut nantinya akan melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, untuk prioritas peningkatan, serta pemeliharaan bangunan negara di Kabupaten Bekasi.

Keterangan itu disampaikan oleh Sub Koordinator Teknis Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda, Bidang Bangunan Negara di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Pranoto.

"Kita sudah anggarkan dari rencana kerja kita di Dinas Cipta Kerja dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi total sekitar Rp 300 miliar lebih untuk membangun sarana pendidikan SD maupun SMP negeri dan sarana kesehatan, baik pembangunan maupun pemeliharaan bangunan Puskesmas di 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi," ungkap Pranoto saat dikutip, Sabtu 16 Desember 2023.

BACA JUGA :

Terdapat beberapa pembangunan yang menggunakan anggaran itu, diantaranya penambahan ruang kelas baru SD dan SMP negeri masing-masing 2 unit, total 4 unit dengan anggaran sekitar Rp 28 miliar lebih.

"Penambahan ruang kelas baru SD sebanyak 112 ruang, dengan pagu anggaran sekitar kurang lebih Rp 25,5 miliar lebih, jelasnya.

Pranoto mengatakan, akan penambahan ruang kelas baru SMP sebanyak 16 ruang, yang telah di anggarkan sebesar Rp 21,6 miliar lebih.

Lalu pembangunan sarana prasarana dan utilitas sekolah (penataan halaman dan pemagaran) SD dan SMP, sebanyak 50 titik dengan alokasi dana Rp 11,2 miliar lebih. 

BACA JUGA :

"Rehabilitasi sedang dan berat ruang kelas SD sebanyak 243 ruang dan SMP sebanyak 80 ruang kelas total anggaran sekitar Rp 145,9 miliar lebih," ucapnya.

Selain itu akan dibangun 1 unit Puskesmas dengan pagu anggaran Rp 771 juta, lalu rehabilitas dan pemeliharaan Puskesmas sebanyak 5 unit dengan alokasi sekitar Rp 1,6 miliar lebih.

"Kemudian penataan bangunan dan lingkungan sekitar Rp 70 miliar," terangnya 

Anggaran untuk Pendidikan dan Kesehatan tersebut dipastikan, telah dipersiapkan melalui alokasi dana APBD Tahun 2024 Kabupaten Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: