Sambangi Kota Bekasi, Anies Baswedan Jelaskan Fenomena Ordal Ada Dimana Mana

Sambangi Kota Bekasi, Anies Baswedan Jelaskan Fenomena Ordal Ada Dimana Mana

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan saat kunjungan ke Kota Bekasi-Tuahta Aldo-

BEKASI, FIN.CO.ID - Dalam debat capres perdana, Anies Baswedan sempat menyinggung fenomena orang dalam (Ordal) yang kerap terjadi di Indonesia saat ini.

Ditemui usai pertemuan dengan penyandang disabilitas di Kota Bekasi, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa fenomena ordal terjadi di seluruh Indonesia

"Ordal ini fenomena yang terjadi di seluruh Indonesia, mau nonton konser biar dapat tiket mudah ordal, pertandingan olahraga  di kampung nanti aturannya bisa diganti kalau ada ordal. membentuk sepak bola kesebelasan ada titipan anak siapa, ponakan siapa masuk," kata Anies Baswedan, Jumat 15 Desember 2023.

BACA JUGA :

Menurutnya fenomena Ordal bisa terjadi di semua lini, sehingga dapat menguntungkan seseorang untuk mendapatkan posisi karena memiliki koneksi.

"Fenomena ordal  ini bukan satu, fenomena ordal ini ada dimana mana, dan itu artinya apa si yang terjadi. Ordal membuat orang tak berprestasi mendapatkan posisi, ordal membuat orang orang yang karena koneksi bisa dapat posisi. Sementara yang dibutuhkan di Indonesia adalah yang berprestasi, yang dapat posisi," ucapnya.

Sebelumnya, Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan menyebut fenomena ordal sangat menyebalkan dan marak terjadi di kehidupan masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan dalam debat capres 2024 di gedung KPU, Jakarta, pada Selasa, 12 Desember 2023 lalu, yang disiarkan secara langsung di seluruh media.

BACA JUGA :

"Fenomena ordal ini menyebalkan di seluruh Indo fenomena ordal kesebelasan ordal, tiket ada ordal yang membuat meritokratik tidak berjalan yang buat etika luntur," ungkap Anies saat Debat Capres 2024 di Gedung KPU RI.

Anies Baswedan menyebut, negara Indonesia dapat rusak akibat fenomena ordal dan fenomena ordal ini harus hilang di lingkungan masyarakat.

Diketahui debat perdana capres tersebut bertemakan pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: