Viral Lulusan STPDN Batal Dilantik Jadi PNS, Mahfud MD Jelaskan Begini....

Viral Lulusan STPDN Batal Dilantik Jadi PNS, Mahfud MD Jelaskan Begini....

Menkopolhukam Mahfud MD saat melakukan kunjungan ke wilayah Kota Bekasi -Tuahta Aldo-

FIN.CO.ID- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD buka suara terkait viral seorang lulusan STPN batal dilantik menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Kasus ini viral di media sosial X oleh akun bernama Nyi Maheswari. Dia menyebut, adiknya itu digantikan oleh anak dari Pejabat BKD di Provinsi Riau. 

Mahfud menjelaskan, calon PNS itu batal dilantik di Jakarta lantaran ada kesalahan teknis input undangan terkait yanh dilakukan oleh pihak Kemendagri. 

BACA JUGA:

"Saya tadi sudah selesaikan dengan Kemendagri. Itu memang undangannya salah. Yang dilantik di Jakarta itu mereka yang diangkat di pusat" kata Mahfud MD di sela kunjungannya ke Lebak, Banten, Rabu 13 Desember 2023.

Mahfud menjelaskan, yang besangkutan diangkat menjadi PNS di Kabupaten Rokan Hilir sehingga seharusnya dilantik di Kabupaten tersebut, bukan di Jakarta. 

"Yang bersangkutan ini, Kurnia, memang diangkat di Kabupaten Rokan Hilir, di Riau sana, sehingga nanti dilantiknya di sana sesuai dengan SKBKN-nya," kata Mahfud. 

Mahfud menegaskan bahwa permasalahan tersebut sudah selesai. Dia juga menekankan bahwa isu tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu dan murni hanya permasalahan administrasi biasa. 

BACA JUGA:

Persoalan salah undangan itu, kata Mahfud, juga tak membatalkan ketetapan pihak yang bersangkutan sebagai PNS.

"Akan saya terus kawal, bahwa yang bersangkutan tetap jadi PNS lulusan IPDN, cuma tempatnya tidak di Jakarta. Itu saja. Tidak perlu diributkan lagi. Sudah selesai," tegas Mahfud.

Sebelumnya, akun X bernama Nyi Maheswari menjadi viral lantaran menceritakan adiknya bernama Herry Kurnia lulusan STPDN batal dilantik jadi PNS dan diganti dengan anak pejabat. 

Menurutnya ,Harry Kurnia secara tiba-tiba diminta untuk tidak datang ke Jakarta karena sudah digantikan oleh orang lain.

"Pak @mohmahfudmd, saya minta tolong. Adik saya bernama Harry Kurnia, S.Tr.IP berasal dari Riau, lulusan STPDN tahun ini, yang mana besok hari Rabu 13 Des akan dilantik untuk menjadi staf di Kemendagri. Dia sudah berada di Jakarta malam ini. Namun sayangnya (cont) tiba-tiba dia ditelpon seseorang dari Kemendagri yang meminta dia untuk tidak datang ke Jakarta karena namanya sudah diganti dgengan alasan salah ketik" kata akun tersebut. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: