Debat Capres 2024, Partai Garuda: Anies Menyerang, Prabowo Apa Adanya, Ganjar Penuh Retorika

Debat Capres 2024, Partai Garuda: Anies Menyerang, Prabowo Apa Adanya, Ganjar Penuh Retorika

Waketum sekaligus Jubir Partai Garuda Teddy Gusnaidi.-Screenshot YouTube/tvOneNews-

FIN.CO.ID- Wakil Ketua Umum Partai Geruda Teddy Gusnaidi menilai, debat perdana Calon Presiden 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa malam 12 Desember 2023 seperti sebuah film.

Sehingga menurut Teddy Gusnaidi, debat tersebut tidak perlu untuk diperdebatkan lagi oleh sesama pendukung. Dia mengatakan penampilan debat capres semalam akan menjadi bahan penilaian bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya. 

"Debat capres itu ibarat kita menonton film, kita tidak perlu memperdebatkan lagi filmya diluar film, karena itu tidak akan mengubah film tersebut. Tinggal penilaian kita apakah film itu bagus atau tidak. Apakah film itu punya nilai buat kita atau tidak?" kata Teddy Gusnaidi, dikutip keterangan tertulisnya, Rabu 13 Desember 2023.

Dia menilai, debat semalam seperti sebuah film yang menampilkan karakter dari masing-masing Calon Presiden, yakni Anies Baswedan dengan karakter menyerang, Prabowo Subianto dengan karakter apa adanya, dan Ganjar Pranowo dengan karakter penuh retorika. Tinggal penonton memilih mana karakter yang kita sukai. 

BACA JUGA:


3 Capres Pemilu 2024 dalam Debat Pertama Capres 2024 KPU RI, Selasa 12 Desember 2023-Youtube/KPU RI -

"Yang senang karakter Anies, tentu dia akan memilih karakter menyerang. Yang senang karakter Prabowo, dia akan memilih karakter yang apa adanya. Yang senang karakter Ganjar, dia akan memilih karakter retorika," ujar Teddy Gusnaidi. 

Dia bilang, memperdebatkan debat capres semalam tidak akan mengubah perdebatan tersebut. Seperti memperdebatkan jalan cerita sebuah film, tidak akan mengubah alur cerita film itu.

"Jadi memperdebatkan perdebatan itu tidak akan mengubah perdebatan tersebut. Memperdebatkan sebuah film, itu tidak akan mengubah film tersebut. Tinggal biarkan masyarakat memilih karakter mana yang mereka sukai. Bukankah itu tujuan diadakan debat Capres Cawapres," aparnya.

Diketahui, debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Debat pertama telah selesai antara masing-masing Capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang berlangsung pada Selasa malam 12 Desember 2023.

Debat perdana ini mengangkat tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga

Selanjutnya debat kedua akan digelar pada 22 Desember oleh masing-masing Calon Walik Presiden (Cawapres) 2024, Gibran Rakabuming, Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar dengan tema: Ekonomi, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastuktur, dan Perkotaan.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: