Prabowo Ogah Ditanya Persiapan Debat

Prabowo Ogah Ditanya Persiapan Debat

Pendukung pasangan capres cawapres Prabowo - GIbran.-ANTARA/Galih Pradipta-

fin.co.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto ogah membeberkan persiapan dirinya dalam menghadapi debat perdana capres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa 12 Desember 2023.

Ditemui di sela-sela kegiatannya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di Jakarta, Prabowo mempersilakan masyarakat menyaksikan debat capres-cawapres.

Saat sesi jumpa pers usai serah terima lima pesawat NC-212i di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Prabowo mengingatkan awak media untuk bertanya soal penyerahan pesawat dan isu-isu terkait pertahanan.

"Pertanyaannya soal dirgantara. Jangan nanya-nanya debat, ya. Debat, kumaha engke (bagaimana nanti)," kata Prabowo memancing gelak tawa jajaran pejabat Kementerian Pertahanan, TNI AU, dan wartawan di lokasi jumpa pers.

Kumaha engke adalah kalimat dalam Bahasa Sunda yang berarti "lihat bagaimana nanti".

BACA JUGA:Suara Pasangan Prabowo-Gibran Naik 19,8 Juta Suara dalam Waktu 48 Hari, Pengamat Menilai Ada yang Aneh

Sebelumnya,  Anggota KPU RI August Mellaz memastikan akan ada interaksi saling menanggapi saat debat pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

"Yang jelas ada pendalaman, kan mereka bisa saling merespons satu sama lain. Apakah itu namanya sanggah-sanggahan? Yang jelas KPU tidak dalam rangka itu," kata Mellaz di Jakarta, Jumat 8 Desember 2023.

Dia menilai KPU tak ingin terjebak dalam diksi "sanggah-sanggahan" yang tengah ramai di media, antara tim sukses (timses) masing-masing pasangan capres-cawapres.

Menurut dia, pendalaman itu bisa berasal dari moderator ataupun peserta lain. Oleh karena itu, pihaknya tengah memfinalisasi rencana itu.

"Kami tidak mau masuk ke diksi-diksi begitu, tapi pendalaman itu ada. Karena rundown-nya jelas, setiap menit itu dihitung. Di situ detail dan teknis, dan itu yang kami bahas di sini," ujarnya.

BACA JUGA:Debat Perdana Capres-Cawapres Bahas Isu APBN dan Rencana Pembangunan Menghadirkan Bappenas

Mellaz pun membantah isu yang beredar bahwa ada tim sukses yang meminta saat rapat koordinasi dengan KPU RI agar sanggah-menyanggah dalam debat nanti ditiadakan.

"Yang jelas, kalau dalam ruang pertemuan, itu isinya tidak ada pembahasan ke sana," ujar Mellaz.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: