News

Bukan Pendebat Profesional Alasan Gibran Rakabuming Tak Hadiri Debat Cawapres di TVOne

fin.co.id - 07/12/2023, 18:58 WIB

Gibran Rakabuming Raka menyapa awak media saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Kampanye Nasional (TKN) dan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

fin.co.id - Debat calon wakil presiden (cawapres) yang digelar TVOne hanya dihadiri dua kandidat cawapres yakni Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. 

Diketahui, Gibran Rakabuming yang merupakan cawapres dari Prabowo Subianto tak hadir dalam debat cawapres tersebut. 

Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Budiman Sudjatmiko akhirnya angkat suara. 

Budiman menyebut, jika Gibran Rakabuming Raka bukan pendebat profesional sehingga tidak perlu datang ke ajang debat yang digelar salah satu televisi swasta TVOne.

"Mas Gibran bukan seorang professional debater sehingga tentu saja beliau hanya fokus pada apa yang disediakan oleh KPU dan peraturan KPU," kata Budiman, Kamis 7 Desember 2023.

BACA JUGA: Debat Capres-Cawapres Boleh Diskusi, TKN: Gibran Dirugikan karena Sudah Dipersiapkan Matang

Menurut Budiman, Gibran hanya mempersiapkan diri untuk debat resmi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai 12 Desember 2023.

Budiman menjelaskan saat ini masyarakat sedang mencari seorang pemimpin yang berpengalaman dalam memutuskan kebijakan. 

Karena itu, kata Budiman,  kemampuan debat bukanlah prioritas utama dalam menentukan layak atau tidak layaknya seorang pemimpin.

"Karena begini, kita memilih pemimpin presidential bukan memilih perdana menteri. Perdana menteri itu keahlian debat menjadi penting, kalau presiden keahlian eksekusi yang menjadi penting," kata dia.

Walaupun demikian, Budiman memastikan Gibran layak menjalani debat lantaran telah memiliki banyak pengalaman di bidang birokrasi selama menjadi Wali Kota Surakarta.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Sebut Ganjar Pranowo Mirip dengan Jokowi

Di luar agenda debat capres-cawapres yang digelar oleh KPU, beberapa stasiun TV dan kelompok masyarakat juga menggelar acara debat untuk tiga pasangan capres-cawapres.

Sebelumnya, TVOne menggelar sesi debat yang dikemas dalam format dialog interaktif khusus untuk calon wakil presiden di Jakarta, Rabu 6 Desember 2023. 

Dalam sesi itu, hanya ada dua calon wakil presiden yang hadir, yaitu cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Khanif Lutfi
Penulis
-->