Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk: Tipsnya agar Tidak Menghitam

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk: Tipsnya agar Tidak Menghitam

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Image: Karolina Grabowska / Pexels--

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk - Bekas gigitan nyamuk yang menghitam bisa sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri kita, terutama jika terdapat di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah, tangan, atau kaki.

Bekas gigitan nyamuk bisa berupa bintik merah, bentol, atau bahkan noda hitam yang sulit hilang. 

Apa sebenarnya penyebab bekas gigitan nyamuk menghitam dan bagaimana cara menghilangkannya? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam


Nyamuk Wolbachia, Image: Anuj / Pexels--

Bekas gigitan nyamuk menghitam disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap air liur nyamuk yang masuk ke dalam kulit saat nyamuk menggigit. 

Air liur nyamuk mengandung zat antikoagulan yang mencegah darah membeku dan memudahkan nyamuk mengisap darah. 

Zat ini dianggap sebagai benda asing oleh sistem kekebalan tubuh kita, sehingga tubuh bereaksi dengan melepaskan histamin, yaitu zat yang menyebabkan peradangan, gatal, dan pembengkakan di sekitar area gigitan.

Reaksi alergi ini bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada tingkat sensitivitas kulit dan jumlah histamin yang dilepaskan. 

Pada beberapa orang, reaksi alergi bisa ringan dan hanya berupa bintik merah atau bentol yang akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Namun, pada beberapa orang lain, reaksi alergi bisa lebih parah dan menyebabkan hiperpigmentasi, yaitu kondisi di mana kulit menghasilkan melanin berlebihan di area yang terkena gigitan. 

Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata kita. Jika melanin berlebihan, kulit akan tampak lebih gelap atau menghitam.

Faktor lain yang bisa memperparah bekas gigitan nyamuk menghitam adalah menggaruk kulit yang gatal. 

Menggaruk kulit bisa menyebabkan iritasi, luka, dan infeksi yang bisa merusak jaringan kulit dan meningkatkan produksi melanin. 

Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa memicu melanin untuk bekerja lebih keras dan membuat kulit lebih gelap.

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk yang Menghitam

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: