Debat Capres Cawapres Belum Jelas, Timnas AMIN: KPU Malah Tidak Respons

Debat Capres Cawapres Belum Jelas, Timnas AMIN: KPU Malah Tidak Respons

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI.--

fin.co.id - Polemik debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih terus bergulir dan belum ada kejelasan. 

Timnas AMIN meminta KPU RI untuk segera menanggapi polemik terkait debat calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang saat ini terus berkembang.

"Kami mempertanyakan itu, karena belum ada kejelasan. Dan polemik yang selama ini terjadi, KPU malah tidak merespons," kata Juru Bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumilena di Jakarta, Selasa 5 Desember 2023.

Billy mengatakan bahwa polemik terkait ada atau tidak debat cawapres, seharusnya bisa diselesaikan ketika KPU tegas untuk menerapkan aturan yang ada yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Namun menurut dia, sampai saat ini KPU belum mengeluarkan pernyataan secara resmi dan bahkan rapat susulan belum dilaksanakan, padahal acara debat akan segera berlangsung.

Ia menjelaskan Timnas AMIN pada saat mengikuti "focus group discussion" (FGD) di Kantor KPU pada tanggal 29 November 2023 menyampaikan usulan terkait kehadiran capres-cawapres ketika debat berlangsung, yaitu ketika debat sesi calon presiden maupun wakil presiden.

BACA JUGA:TPN Ganjar-Mahfud Sesalkan Dugaan Intimidasi Butet Kartaredjasa dan Agus Noor

"Dari kami memang menyatakan bahwa kehadiran (capres maupun cawapres) tidak apa-apa ketika debat khusus, tapi tidak diberikan kesempatan bicara dan itu yang dilakukan debat sebelumnya," ujarnya.

Billy menambahkan bahwa Timnas AMIN siap dengan konsep apa pun, namun mendorong KPU agar menerapkan format debat sesuai dengan ketentuan peraturan yang telah ada.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan untuk merampungkan teknis pembahasan dalam pelaksanaan debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Rabu (6/12). 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa pihaknya sudah mengomunikasikan kepada tim pemenangan dari masing-masing pasangan calon (paslon) untuk menghadiri rapat tersebut.

"Rencana rapat lanjutan besok (6 Desember 2023)," kata Hasyim dalam pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Selasa. 

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Beri Komentar Soal Debat Cawapres, Begini Katanya

Dia menjelaskan, rapat akan digelar siang hari dan dilakukan di Kantor KPU yang berada di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: