Imbas Demo Buruh Tuntut Kenaikan UMK di Bekasi, Apindo Ungkap Banyak Perusahaan Merugi

Imbas Demo Buruh Tuntut Kenaikan UMK di Bekasi, Apindo Ungkap Banyak Perusahaan Merugi

Ratusan massa buruh memadati persimpangan gerbang Tol Bekasi Barat-Tuahta Aldo-

BEKASI, FIN.CO.ID - Aksi demo buruh menuntut Kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) 2024, menimbulkan kemacetan di hampir seluruh jalanan Kota dan Kabupaten Bekasi.

Patauan fin.co.id pada hari Kamis 23 November 2023 lalu, akses jalan Kalimalang dan Jalan Tol Jakarta - Cikampek sempat tersendat dan tidak bergerak imbas demo.

Imbas aksi demo buru tersebut, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Bekasi menyatakan bahwa banyak proses pengiriman yang terhambat di perjalanan.

"Untuk demo di kota Bekasi, keluhan pengusaha hanya berupa keterlambatan bagi kendaraan distribusi yang melewati Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi," ungkap Ketua Apindo Kota Bekasi, Farid Elhakamy, Jumat 24 November 2023.

BACA JUGA :

Menurutnya demo di MM 2100 Kabupaten Bekasi semakin memperlambat pengiriman barang ke wilayah industri Bekasi, maupun luar wilayah Bekasi.

"Efek dari demo di Kabupaten memang sangat merugikan dalam pendistribusian barang, baik yang akan menuju ke timur, Kabupaten Bekasi Karawang dan seterusnya," jelasnya.

Apindo Kota Bekasi juga mendapat laporan, terdapat beberapa perusahaan yang tidak dapat mengirim dan menerima bahan baku untuk produksi.

"Ada beberapa pengusaha yang melaporkan, mereka tidak dapat mengirim atau menerima bahan baku sesuai jadwal yang sudah disepakati," ucapnya.

BACA JUGA :

Sebelumnya sidang Pleno Dewan Pengupahan terkait UMK 2024, diwarnai demo oleh ratusan massa buruh di seluruh titik wilayah Bekasi, Kamis 23 November 2023.

Di wilayah Kabupaten Bekasi, buruh menutup akses di Kawasan MM 2100, sehingga Jalan Tol Jakarta-Cikampek macet total.

Massa demo Bekasi juga berkeliling di Jalan Protokol Ahmad Yani Kota Bekasi, hingga berorasi di persimpangan gerbang Tol Bekasi Barat.

Masa demo buruh juga sempat memblokade Jalan Protokol Ahmad Yani, sehingga menyebabkan kemacetan panjang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: