Gelar Langkah Membumi Festival 2023, Aksi Kolaboratif untuk Ekonomi Hijau di Tanah Air

Gelar Langkah Membumi Festival 2023,  Aksi Kolaboratif untuk Ekonomi Hijau di Tanah Air

Blibli Tiket dan Ecoxyztem meresmikan Langkah Membumi Festival melalui seremoni yang didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan tiket.com pada acara Press Conference Langkah Membumi Festival--LMF for FIN.CO.ID

FIN.CO.ID - Langkah Membumi Festival (LMF) 2023 bakal digelar pada 25-26 November 2023 di SCBD Park.

Lankah Membumi Festival 2023 merupakan kolaborasi antara Blibli Tket Action bersama venture builder Ecoxyztem. LMF ini demi wujudkan semangat aksi kolaborasi untuk satu bumi yang lebih lestari.

LMF 2023 mengusung tema besar ‘One Action, One Earth’ yang merepresentasikan kekuatan ekosistem dalam memerangi perubahan iklim, festival ini menjadi melting pot yang mempertemukan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, penggiat sustainability dalam mewujudkan visi bersama menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan.

Lisa Wiodo selaku COO & CO-Founder Blibli menyampaikan jika Langkah Bumi Festival sebagai langkah dalam mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis dengan melibatkan karyawan, pelanggan, mitra dan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan bumi, sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

BACA JUGA:

“Melalui festival ini, kami bersama Ecoxyztem dan para pemangku kepentingan lain bersatu untuk menjadi enabler gaya hidup dan praktik bisnis yang berkelanjutan, collaborator dunia yang lebih hijau, dan accelerator ekonomi hijau di Indonesia.” ucapnya dalam konferensi pers pada Rabu, 22 November 2023.

Lanjut Lisa, Blibli Tiket ACTION memprioritaskan 6 (enam) fokus materialitas dalam menjalankan strategi keberlanjutan, yakni penggunaan sumber daya, pengelolaan limbah, pengurangan emisi, pelatihan dan pengembangan, hubungan komunitas, serta tata kelola data dan privasi. 

“Dari mulai 100% kemasan kardus tersertifikasi dapat didaur ulang hingga ajakan pelanggan mengembalikan 10 kemasan bekas untuk penanaman 1 bibit pohon, semangat keberlanjutan di bawah payung Blibli Tiket ACTION ini ingin diperluas ke skala yang lebih besar melalui aksi kolaborasi yang melibatkan semua pihak,” tambah Lisa.

Festival ini mengundang apresiasi Vinda Damayanti, M.Sc., Direktur Pengurangan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, yang menambahkan bahwa dirinya optimis Langkah Membumi Festival 2023 dapat menjadi wadah aksi iklim yang nyata dan partisipatif. 

"Mendekati persiapan Pemerintah menuju COP 28 yang akan dilaksanakan di Dubai, kami merasa senang bahwa sektor swasta, industri, dan para ecopreneur dapat berperan aktif bersama pemerintah untuk menawarkan berbagai macam solusi dari permasalahan lingkungan. Hal ini senada dengan komitmen KLHK untuk mempercepat dan memperbesar penurunan Gas Rumah Kaca (GRK) menuju target di 2030.” ungkapnya.

BACA JUGA:

Membumi Festival melalui acara networking, talk show inspiratif, workshop edukatif, dan Ecopreneur Hub. Optimisme serupa disampaikan oleh Andreas Pandu Wirawan, Chief Commercial Officer Ecoxyztem, yang berujar, 

“Sebagai sebuah venture builder yang telah membantu dan bertemu lebih dari ratusan climate tech startup atau biasa disebut ecopreneurs, kami merasa bangga dapat menjadi bagian dari kolaborasi multi-stakeholders ini. LMF 2023 merupakan bentuk nyata bahwa pihak pemerintah dan industri telah mulai percaya dengan tumbuhnya inovasi permasalahan lingkungan yang muncul dari para ecopreneur, hal ini sejalan dengan cita-cita kami untuk terus menggaungkan #PercayaEcopreneur. Setidaknya 40 ecopreneurs akan terlibat dalam event LMF ini baik untuk pitching, mengisi booth, maupun menjadi pembicara untuk membagikan pengalamannya membangun startup di isu lingkungan.”

Dengan membawa semangat edukasi menjadi aksi, Langkah Membumi Festival 2023 gratis untuk umum; pengunjung cukup menukarkan sampah plastik dan kardus yang sudah terpilah sebagai akses masuk. Para pengunjung bisa mengikuti berbagai talk show inspiratif yang berbagi pengetahuan seputar gaya hidup hingga tata kelola bisnis yang berkelanjutan, serta berpartisipasi dalam workshop menarik, seperti upcycled pet toy, ecoprint, dan urban farming dengan mendaftar di langkahmembumi.com. Ada pula Langkah Membumi Networking, dimana ecopreneur dapat memperluas relasi dengan mitra strategis dan penggiat sustainability, yang digagas bersama Paloma Sjahrir Foundation dan TS Media. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: