Hutama Karya Jalin Sinergi BUMN Mewujudkan Kepedulian di Bidang Pendidikan Hingga Ekonomi

Hutama Karya Jalin Sinergi BUMN Mewujudkan Kepedulian di Bidang Pendidikan Hingga Ekonomi

Hutama Karya Jalin Sinergi BUMN Mewujudkan Kepedulian di Bidang Pendidikan Hingga Ekonomi--

FIN.CO.ID - Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap kemajuan pada bidang pendidikan, ekonomi, infrastruktur serta pariwisata di beberapa wilayah di Indonesia, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama BUMN lainnya bersinergi meresmikan sejumlah kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yaitu Program Kolaborasi BUMN Tana Lino Lestari II di SD Negeri Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur dan BUMN Teman Bersenyum di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Peresmian Program Tana Lino Lestari II dilaksanakan pada Sabtu (4/11) lalu, merupakan kegiatan berkelanjutan yang sebelumnya di tahun 2021 telah dijalankan program tahap pertama dan peresmiannya dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Mengutip dari Medcom.id pada tanggal 9 November 2023, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan BUMN berkomitmen membantu masyarakat melalui berbagai program TJSL sebagai bentuk dukungan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

“Bantuan ini sebagai wujud untuk memajukan bangsa, melalui penciptaan generasi-generasi hebat di masa depan dan mungkin saja dari putra-putri asal daerah terpencil dengan keterbatasan fasilitas pendidikan, namun memiliki tekad serta semangat nan kuat,” ujar Tedi Bharata.

Dalam program ini, Hutama Karya bersama dengan 22 TJSL BUMN berfokus pada revitalisasi sarana prasarana pendidikan di SD Negeri Pulau Komodo termasuk ruang kelas hingga pembangunan ruang guru, perbaikan jaringan internet, pembangunan taman tematik serta pemberdayaan masyarakat nelayan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa sinergi TJSL BUMN ini bertujuan untuk mewujudkan pembangunan yang memadai di bidang pendidikan serta mendukung pengembangan fasilitas umum lainnya untuk peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat setempat.

“Hutama Karya bangga dapat berpartisipasi pada program ini sekaligus memberikan kontribusi positif utamanya di bidang pendidikan dengan memperbaiki fasilitas dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Pulau Komodo mengingat kondisi sebelumnya yang masih terbatas,” Ujar Tjahjo.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, Kepala Unit TJSL Hutama Karya, Agus Kosasih, para Direktur BUMN yang membidangi TJSL, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, Kepala Desa setempat, Kepala Sekolah, para Guru di SD Negeri Pulau Komodo serta masyarakat sekitar.

Kemudian pada program BUMN untuk Temanggung yang Bersih, Sehat dan Nyaman untuk Umum (BUMN Teman Bersenyum), Hutama Karya berkolaborasi dengan 17 BUMN turut mendukung pengembangan ekonomi dan infrastruktur lokal. Acara yang berlangsung pada Jumat (17/11) di kawasan wisata Sindoro Water Park, dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN, I Gede Arimbawa Yasa, Kepala Unit TJSL Hutama Karya, Agus Kosasih dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Temanggung, C Masrik Amin Zuhdi.

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, menekankan pentingnya menciptakan hasil, dampak dan manfaat yang signifikan bagi kehidupan masyarakat.

“Perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan masyarakat menjadi fokus utama dalam pembangunan setiap program TJSL yang berdampak,” jelas Edi Eko Cahyono.

Pada program BUMN Teman Bersenyum, dilakukan serangkaian kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat dan fasilitas umum di beberapa tempat. Di Desa Rejosari Kecamatan Bansari, program difokuskan pada pembangunan kios UMKM, pengadaan sarana prasarana di bumi perkemahan dan rumah kemasan. Sedangkan di Desa Gentan Kecamatan Kranggan, program di fokuskan pada pengadaan pipanisasi saluran air bersih. Kedua program tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat, terutama pada pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sekaligus diadakan program pelatihan manajemen.

Di sisi lain, Pj Bupati Temanggung yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, C Masrik Amin Zuhdi menyambut dengan baik kehadiran program kolaborasi TJSL BUMN Teman Bersenyum dan berharap program ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: