Tanggal 19 November Hari Pria Internasional, Begini Tema dan Sejarahnya

Tanggal 19 November Hari Pria Internasional, Begini Tema dan Sejarahnya

Hari pria internasional (eastmojo) --

FIN.CO.ID- Hari Pria Internasional (International Men's Day) adalah peristiwa tahunan yang dirayakan setiap 19 November. 

Hari ini pertama kali dirayakan pada tahun 1999 di Trinidad dan Tobago oleh Dr. Jerome Teelucksingh, seorang dosen sejarah di Universitas Hindia Barat.

Ide untuk Hari Pria Internasional pertama kali muncul pada tahun 1960-an. Pada saat itu, banyak orang yang percaya bahwa Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret tidak cukup untuk merayakan pencapaian dan kontribusi pria.

Dr. Teelucksingh memilih tanggal 19 November untuk Hari Pria Internasional karena bertepatan dengan ulang tahun ayahnya. 

BACA JUGA:


Ilustrasi hari pria sedunia--pixabay

Ayahnya adalah seorang pria yang berdedikasi dan pekerja keras, dan Dr. Teelucksingh ingin menghormatinya dengan menciptakan hari yang didedikasikan untuk pria.

Hari Pria Internasional dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Hari ini dirayakan di lebih dari 100 negara, dan kegiatan-kegiatannya bervariasi dari acara-acara komunitas hingga seminar dan konferensi.

Tujuan Hari Pria Internasional adalah untuk merayakan pria dan kontribusi mereka pada masyarakat. Hari ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi pria, seperti kesehatan mental, kekerasan, dan kesetaraan gender.

BACA JUGA:

Tema Hari Pria Internasional 2023


Hari Pria Internasional (Internasional Mans Day) --

Tema Hari Pria Internasional telah berubah dari tahun ke tahun. Tema-tema ini mencerminkan berbagai masalah dan isu yang dihadapi pria di seluruh dunia.

Tema Hari Pria Internasional yang pernah dirayakan yakni "Men's Health and Wellbeing" (1992), "Men: Celebrating Our Diversity" (1993), dan "Men: Making a Difference" (1994).

Di tahun 2023, tema Hari Pria Internasional diperingati dengan  tema Zero Male Suicide atau Nol Bunuh Diri Pria. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: