Irjen Kementan Jan Samuel Maringka Resmi Mengundurkan Diri dari Jabatannya

Irjen Kementan Jan Samuel Maringka Resmi Mengundurkan Diri dari Jabatannya

Irjen Kementan Jan Maringka--instagram

FIN.CO.ID - Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan) Jan Samuel Maringka mengundurkan diri dari jabatannya.

Pengunduran dirinya tersebut diungkapkannya melalui akun Instagram @janmaringka yang dilihat fin.co.id pada Jumat, 10 November 2023.

"Hari ini kami menyelesaikan penugasan sebagai Irjen Kementan sekaligus telah mengajukan permohonan berhenti dengan hormat atas permintaan sendiri sbg ASN, walau masih ada waktu 2 (dua) tahun untuk berkarya dalam jabatan fungsional jaksa," tulis mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini.

Dia lalu mengatakan akan beristirahat dari kesibukan sebagai aparatur sipil negara (ASN) baik saat sebagai Jaksa yang telah ditekuninya selama 33 tahun maupun sebagai ASN di Kementan selama 2 tahun.

"Namun hidup adalah pilihan, saatnya kita yg memilih untuk istirahat sejenak setelah 33 tahun berkarya sebagai jaksa dan hampir 2 tahun penugasan di Kementerian Pertanian, kami bersyukur bisa mencapai karir puncak dalam jabatan struktural baik di dalam maupun di luar Kejaksaan," tulisnya. 

BACA JUGA:

Pada akhir pernyataannya, Jan Maringka menyebut akan mengisi kegiatan yang berguna bagi masyarakat sambi menunggu SK pensiun.

"Kini saatnya rehat sejenak seraya menanti SK pensiun dengan mengisi berbagai kegiatan lain yg dapat bermanfaat masyarakat .. life begin @ 60, let's start with smile .. work with smile (10/11)," tutupnya.

Nyaleg DPR Dapil Sulsel 1

Diketahui Jan Maringka merupakan politisi Partai Perindo yang akan maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Sulsel 1.

Jan Maringka akan berebut kursi bersama bacalek internal Perindo seperti Rahman Syah, Patrius Ab Randa, ST Nurmawati, Abdul Rahman N, Muh Jusran, Asriani, dan Nayunda Nabila Nizrinah.

Ketua Partai Perindo Sulsel, Sanusi Ramadhan mengatakan kehadiran Jan Maringka di Sulsel akan meramaikan aroma persaingan memperebutkan delapan kursi. Dia mengatakan, Jan Maringka akan menyasar pemilih khusus yang tidak beririsan dengan jagoan Partai Perindo lainnya.

"Beliau (Jan Maringka) akan menyasar di luar yang kami sasar. Kehadirannya juga memperkuat kami di Sulsel I," ujar Sanusi, Kamis (19/10/2023).

Jan Maringka lahir 11 Oktober 1963 merupakan Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian atas rekomendasi oleh Syahrul Yasin Limpo, saat menjabat sebagai menteri. 

Pernah menjabat sebagai Staf Ahli Jaksa Agung RI bidang Perdata dan Tata Usaha Negara dan sebelumnya sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen sejak 15 November 2017 hingga 30 Juli 2020.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: