Masuk Musim Hujan, Sarana dan Prasarana Penanggulangan Banjir di Kabupaten Bekasi Dipersiapkan

Masuk Musim Hujan, Sarana dan Prasarana Penanggulangan Banjir di Kabupaten Bekasi Dipersiapkan

Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik BPBD Kabupaten Bekasi, Dodi Supriadi-Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, mulai melakukan antisipasi risiko bencana banjir di Kabupaten Bekasi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik BPBD Kabupaten Bekasi, Dodi Supriadi, usai beberapa kali hujan terjadi di Kabupaten Bekasi.

“Menghadapi musim penghujan, kita sudah mempersiapkan langkah-langkah. Kita juga sudah melakukan rapat internal dengan Dinas Bina Marga, guna mitigasi saluran air," ungkap Dodi Supriadi, Jumat 10 November 2023.

Beberapa wilayah di wilayahnya yang rentan terhadap banjir khususnya akibat luapan air sungai, akan menjadi fokus penanganan oleh BPBD Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA :

Beberapa titik akan dilakukan normalisasi, perbaikan drainase dan tanggul, lalu disiapkan pompa air di beberapa titik yang rentan terjadi luapan air.

"Kita sudah bahas, dengan Dinas Bina Marga. Alhamdulillah sudah ditentukan, ada beberapa titik yang perlu support pompa air,” jelasnya.

Sarana dan prasarana yang diperlukan dalam penanganan banjir telah dipersiapkan, apabila banjir mulai terjadi di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Terkait persiapan, kita sudah melakukan pengecekan, baik kesiapan perahu dan operasional lainnya. Bila ada yang rusak dan lainnya bisa langsung diperbaiki. Sebagian besar sudah siap pakai," ucapnya.

BACA JUGA :

Dodi Supriadi mengatakan, prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan akan mulai merata di Minggu ke dua bulan November 2023 mendatang.

“Informasi terbaru, karena masih El-Nino curah hujan saat ini memiliki durasi tidak panjang, namun curah hujan-nya tinggi," terangnya.

Titik yang akan menjadi prioritas pemantauan BPBD Kabupaten Bekasi yakni saluran Kali Ulu, karena debit air saluran tersebut selalu meningkat saat terjadi hujan.

Selain itu tanggul-tanggul yang berada di Wilayah Kecamatan Pebayuran dan Cabangbungin Kabupaten Bekasi, juga akan menjadi fokus pemantauan selama musim hujan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: