Lagi Viral, Tanggal 23 November 2023 Disebut Terjadi Perang Dunia III, Benarkah?

Lagi Viral, Tanggal 23 November 2023 Disebut Terjadi Perang Dunia III, Benarkah?

Api dan asap membubung di menara apartemen Palestina menyusul serangan udara Israel di Kota Gaza, Sabtu, 7 Oktober 2023. Hamas membalas dengan menembakkan ribuan roket ke Israel (Foto AP/Adel Hana)--

FIN.CO.ID- Tanggal 23 November 2023 disebut-sebut akan terjadi peristiwa besar, yakni perang dunia ke III. 

Ramalan ini tersebar di jejaring media sosial setelah adanya sebuah video dari perangkat asisten virtual (AI) Amazon, yang dikenal sebagai Alexa memprediksi bakan terjadi perang dunia III di tahun 2023 November 2023.

Alexa adalah asisten virtual yang dikontrol suara yang dapat membantu berbagai tugas seperti memutar audio, mengontrol perangkat rumah pintar, menjawab pertanyaan, dan lain-lain. 

BACA JUGA:


KEHANCURAN KOTA Bohorodychne, Donetsk, Ukraina, akibat pengeboman Rusia. Pada 17 Agustus 2022, kota itu diduduki Rusia. Ukraina bisa merebut kembali pada 12 September 2022.-IHOR TKACHOV-AFP---

Dalam video yang tersebar, menunjukkan seseorang di belakang kamera menanyakan perangkat tersebut kapan Perang Dunia III akan dimulai. 

Perangkat tersebut merespons: “Perang Dunia III dimulai pada 23 November 2023, pukul 18.05, ketika Rusia melancarkan serangan terhadap Jerman."

Klip serupa juga pernah diposting di TikTok pada bulan April 2021 oleh akun dengan bio: “Menanyakan semua pertanyaan Anda kepada Alexa.”

 Audio dari video TikTok ini telah dibagikan secara luas di Facebook dan Twitter dengan cuplikan yang menunjukkan perangkat Alexa yang berbeda.  

BACA JUGA:

Menanggapi itu, perwakilan Alexa mengatakan kepada wartawan di Newsweek bahwa video itu tidak asli. 

Dia mengatakan, AI dalam video itu bukan dari Alexa. "Ini bukan tanggapan Alexa dan kami belum dapat meniru video ini."

Perangkat Alexa yang kami ajukan menjawab pertanyaan yang sama dengan mengatakan bahwa “Perang Dunia III mengacu pada hipotetis konflik militer berskala global dan tidak mungkin memprediksi apakah perang semacam itu akan terjadi” di masa depan," paparnya. 

Jawaban Alexa bersumber melalui mesin pencari Bing atau dari tanggapan crowdsourced yang dikirimkan di forum bernama Alexa Answers.  

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: