Electrum Luncurkan Motor Listrik H5, Top Speed hingga 90 Km per Jam

Electrum Luncurkan Motor Listrik H5, Top Speed hingga 90 Km per Jam

Peluncuran motor listrik Electrum H5 bersama mitra Gojek di Jakarta, Kamis (9/11/2023). -ANTARA/Pamela Sakina-

fin.co.id - Perusahaan teknologi Indonesia yang berfokus mengembangkan infrastruktur ekosistem motor listrik Electrum meluncurkan motor listrik pertamanya H5.

“Indonesia memiliki budaya dan cara pandang yang unik terhadap motor, tidak hanya sebagai alat transportasi, tapi, juga menjadi bagian dari hidup, dan H5 dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Desainer Produk Electrum Rayhan Arifinsyah.

Rayhan mengatakan, riset dan pengembangan hingga pengujian H5 dilakukan di Tanah Air sehingga motor listrik itu dinilai cocok untuk mengarungi berbagai karakteristik medan di Indonesia.

Dengan kompartemen dalam yang luas, Electrum H5 dapat menyimpan dua buah baterai dan helm sekaligus. Bahkan, Rayhan mengklaim, ruang di bagian depan mampu memuat satu buah galon air ataupun tabung gas LPG.

“H5 didesain memiliki fungsionalitas yang tinggi, menyesuaikan kebutuhan motor yang harus lincah dan tetap nyaman kalau dipakai dalam waktu yang lama karena motor orang Indonesia menjadi tulang punggung,” kata Rayhan.

Sementara mengenai performa, Insinyur Mekanik Electrum Yuditya Pratamaputra mengklaim H5 memiliki top speed (puncak kecepatan) 90 kilometer per jam, dan mampu berakselerasi mencapai 0-60 kilometer per jam dalam waktu enam detik.

BACA JUGA:

Baterai dari H5 pun dibuat compact dengan berat kurang dari 10 kilogram, berkapasitas 1,8 kWh. Baterai tersebut juga telah memiliki sistem manajemen baterai (BMS) dan IoT, yang berarti memiliki sejumlah sensor pintar dan dapat digunakan untuk mengumpulkan data mengenai kondisi baterai itu sendiri.

“Secara pengiriman tenaga, motor ini tidak terasa ‘menjambak’, namun, cukup halus dan mampu berakselerasi tinggi. Form factor baterai juga kecil, namun, padat energi,” Yuditya menjelaskan.

Selain motor listrik, Electrum juga mengenalkan teknologi pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan aplikasi digital bernama ELMA.

BSS merupakan tempat pengisian daya baterai motor Electrum yang tersebar di berbagai lokasi seperti SPBU dan lokasi lainnya untuk menukar baterai dengan unit lainnya sehingga tidak diperlukan waktu menunggu saat pengisian daya.


Hingga saat ini, Electrum telah memiliki sekitar 40 BSS, dengan target 150 lokasi pada akhir 2023 dan target lebih dari 1.000 lokasi sampai akhir 2024 di area Jakarta.

ELMA merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan motor, yang dapat digunakan mulai dari mencari lokasi BSS terdekat hingga informasi terkait kondisi kendaraan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: