Survei indEX Sebut Dukungan Jokowi ke Capres Jadi Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Survei indEX Sebut Dukungan Jokowi ke Capres Jadi Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi.--

FIN.CO.ID- Sosok Presiden Jokowi dinilai menjadi penentu kemenangan bagi pasangan Capres dalam Pilpres 2024. Hal ini diungkapkan oleh Lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research. 

indEX menganggap, tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Jokowi, akan menjadi penentu bagi pasangan Capres yang didukung Jokowi. 

Dalam surveinya, indEX menjabarkan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi sebesar 82,3 persen. 

Lalu, 12,3 persen diantaranya merasa sangat puas. Hanya 16,0 persen menyatakan tidak puas, dengan 1,8 persen sangat tidak puas, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 1,7 persen.

BACA JUGA:

indEX menyebut, tingginya kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi, akan berpengaruh pada suara Capres yang didukung Jokowi meskipun belum tentu mendapat kemenangan mutlak. 

"Tingginya approval rating menempatkan Jokowi sebagai figur penentu dalam ajang Pilpres mendatang," kata Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip pada Kamis 9 November 2023.

Posisi strategis Jokowi sebagai kepala negara dengan approval rating yang sangat tinggi memberi peluang besar bagi capres-cawapres yang didukungnya bakal menang dalam perhelatan Pilpres.


Presiden Jokowi dan Wali Kota Surakarta yang juga putra sulungnya Gibran Rakabuming--

Meskipun tetap netral, tetapi arah dukungan Istana tetap bisa menggerakkan dukungan dari publik.

"Pada akhirnya pilihan publik di bilik suaralah yang akan menentukan, sekaligus menjadi hakim atas manuver elite-elite politik," ujar Vivin.

Vivin mengatakan mengatakan Jokowi pernah mengatakan bahwa kepemimpinan nasional pada tiga periode mendatang akan sangat menentukan arah masa depan Indonesia.

BACA JUGA:

Jika keberlanjutan bisa dipertahankan dan semakin kuat, jalan kian terbuka lebar bagi Indonesia untuk mencapai cita-cita menjadi negara maju.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: