Antisipasi Lonjakan Pasien Cacar Monyet, RSUD Tangsel Siagakan Ruang Isolasi

Antisipasi Lonjakan Pasien Cacar Monyet, RSUD Tangsel Siagakan Ruang Isolasi

Kasus Cacar Monyet Semakin Meningkat Di Indonesia Menjadi 17 Pasien--Foto : Instagram.com/@unexplnd

 

FIN.CO.ID -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan (Tangsel) siap menerima dan merawat pasien dengan gejala cacar monyet atau Monkeypox. 

Sejumlah ruangan isolasi khusus pun telah disiagakan guna mengantisipasi adanya lonjakan pasien.

Pasca terdapat 2 warga Tangsel yang terinfeksi penyakit cacar monyet, Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang Selatan, saat ini siap menerima dan merawat pasien dengan gejala cacar monyet.

Meski demikian alur pola perawatan yang dilakukan oleh tim medis RSUD Tangerang Selatan, tak jauh bedanya dengan penanganan pada masa pandemi covid 19 lalu.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Tangsel dr. Taufik Dipa mengatakan, jika pihaknya juga akan berkordinasi dengan labolatorium kesehatan yang berada di Jakarta dalam menangani pasien yang terinfeksi cacar monyet.

Meski demikian, masyarakat diminta selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta bilamana menemukan adanya gejala yang menyerupai cacar monyet segera memeriksaan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Jadi yang pertama kita sudah berpengalaman dalam penanganan Covid-19, jadi alurnya seperti mirip dengan Covid," ujarnya, Senin 6 November 2023.

Ia menjelaskan, dalam penanganan pasien cacar monyet yang pertama akan diperiksa yakni hal-hal yang sangat khas seperti nyeri tubuh, nyeri sendi, demam, kemudian seperti ada cacar air.

"Itu sudah menjadi faktor kecurigaan kami. Kemudian akan kami lakukan pemeriksaan lab yang akan kami kirim kebalai besar laboratorium kesehatan yang ada di jakarta," terangnya.

Lanjutnya, bila hasilnya positif pihaknya pun akan melakukan perawatan isolasi. Namun demikian sampai hasil lab-nya datang pihaknya akan tetap merawat pasien tersebut.

Ia menambahkan, terkait dua warga Tangsel yang positif cacar monyet satu pasien sudah membaik dan satu pasien lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit Surya Saroso.

"Terkait hal ini maka masyarakat tidak perlu panik tetap jaga kesehatan tubuh, kesehatan makanan, PHBS (pola hidup bersih dan sehat) itu yang paling penting, sering cuci tangan kemudian bila terjadi hal-hal sesuai dengan kriteria silahkan lapor ke fasiitas kesehatan terdekat," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: