Dua Warga Tangsel Positif Cacar Monyet, Begini Kondisinya Sekarang

Dua Warga Tangsel Positif Cacar Monyet, Begini Kondisinya Sekarang

Ilustrasi cacar monyet.-Istimewa-health.ucdavis.edu

FIN.CO.ID -- Dua orang warga Tangerang Selatan (Tangsel) terkonfirmasi positif terpapar Virus Monkey Pox atau cacar monyet. Dari informasi keduanya positif terpapar cacar monyet sejak 29 Oktober 2023 lalu.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Allin Hendalin Mahdaniar membenarkan adanya 2 warga yang berdomisili di Kota Tangerang Selatan yang terkonfirmasi positif terpapar virus cacar monyet.

 

Kata dia, hal tersebut diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yang dikirimkan dari Badan Kajian Pembangunan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI ke Dinkes Tangsel.

 

"Saat ini kondisi 2 orang warga Tangerang Selatan yang terpapar virus cacar monyet tersebut tengah menjalani masa isolasi dan berangsur membaik," kata dia kepada wartawan dikutip FIN, Senin 6 November 2023.

 

Ia menjelaskan, kasus pertama cacar monyet ditemukan oleh pasien pria ber-KTP di Jawa Barat yang baru 10 bulan berdomisili di Kota Tangerang Selatan.

 

Kemudian kasus kedua ditemukan oleh pasien pria yang berdomisili dan ber-KTP Tangerang Selatan.

 

"Kedua pasien yang terpapar virus cacar monyet memiliki gejala demam, ruam akut, nyeri otot, sakit punggung, kelelahan dan pembengkakan," jelasnya.

 

Menurutnya, dari hasil tracing, kedua pasien tidak memiliki riwayat bepergian keluar kota maupun negeri. Saat ini satu pasien tengah menjalani masa isolasi mandiri, dan satu pasien lainnya menjalani masa isolasi di rumah sakit.

 

"Setelah kami menerima hasil laboratorium dari BKPK Kementerian Kesehatan kami langsung melaksanakan tracing terhadap kontak erat, kemudian kami lakukan edukasi dan sosialisasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat supaya pencegahan atau deteksi dini terhadap Monkeypox ini bisa dilaksanakan dengan baik," paparnya.

 

Dia melanjutkan, pihaknya menerima hasil dari kementerian kesehatan pada tanggal 29 oktober 2023. Saat ditanyakan kepada yang bersangkutan merekq memang tidak ada riwayat perjalanan serta kontak erat hanya pada keluarga dalam satu rumah.

 

"Kondisi pasien saat ini dalam keadaan baik, yang satu di isolasi di rumah sakit suryanti suroso dan yang satu lagi menjalankan isolasi mandiri di rumah tentunya dalam pengawasan tenaga kesehatan," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: