Momentum Sumpah Pemuda, KNPI Kabupaten Tangerang Tabur Bunga di Makam Pendiri Tangerang

Momentum Sumpah Pemuda, KNPI Kabupaten Tangerang Tabur Bunga di Makam Pendiri Tangerang

Ketua KNPI Kabupaten Tangerang Saat Melakukan Tabur Bunga di Makam Arya Wangsakara--Istimewa

FIN.CO.ID -- Pemuda jangan sampai gagap sejarah. Demikian ditegaskan Juanda saat tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pejuang Pendiri Tangerang di Lengkong Kyai, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada, 28 Oktober 2023 lalu.

Kata Juanda, esensi dari Peringatan Sumpah Pemuda yakni Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Yakni mengingat perjuangan para pendiri bangsa untuk menyatukan seluruh anak bangsa.

"Jangan sampai peringatan Sumpah Pemuda hanya sebatas ikrar saja. Namun melupakan substansi dari ikrar tersebut yakni pemuda bersatu tanpa melihat ras, warna kulit dan bahasa. Semua satu yakni Indonesia," tandas mantan aktivis mahasiswa yang akrab disapa Bung Joe ini, dalam keterangannya kepada FIN, Senin 30 Oktober 2023.

Sementara, Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Tangerang Asep Sujana menuturkan, pihaknya menggelar empat kegiatan sekaligus di Hari Sumpah Pemuda 2023.

"Pagi harinya apel sekaligus penganugerahan kepada sejumlah tokoh pemuda, organisasi kepemudaan dan mahasiswa, Kemudian siang sampai sore hari yakni tabur bunga di makam pejuang pendiri Tangerang dan ditutup dengan ramah tamah sambil liweutan," tandasnya.

Di lokasi yang sama, Pengurus Balai As'at  Kearyaan Tangerang Muhlis di TMP Lengkong Kyai memberikan apresiasi kepada DPD KNPI Kabupaten Tangerang yang rutin menggelar ziarah di pemakaman pejuang pendiri Tangerang.

"Tahun lalu, DPD KNPI Kabupaten Tangerang juga melakukan ziarah saat HUT KNPI ke-49 2022. Dan Ketua KNPI Bung Joe kami anugerahi sebagai  Keluarga Kehormatan Balai Adat Kearyaaan Tangerang dengan ditandai penyematan pin," tukasnya

Selain itu, DPD KNPI Kabupaten Tangerang memberikan belasan penghargaan bertajuk 'Youth Awards' ke sejumlah pihak yang dianggap menginspirasi generasi muda dengan peran masing-masing.

Juanda mengungkapkan, pemberian penghargaan tersebut bertujuan untuk memotivasi generasi muda untuk konsisten bergerak di segala bidang.

"Ini apresiasi kami kepada mereka yang sudah berbuat dengan karya nyata menginspirasi anak muda. Khususnya bagi pemuda di KNPI Kabupaten Tangerang," ujarnya

Kata Juanda, penganugerahan tersebut diberikan secara simbolis oleh Pj Bupati Tangerang saat apel peringatan Sumpah pemuda di Lapangan Maulana Yudha Negara, Sabtu 28 Oktober 2023.

"Mereka yang mendapat penghargaan itu merupakan orang yang kami anggap layak dan pantas," tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: