Hasil Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia: Pasangan Prabowo-Gibran Menangi Pilpres 2024

Hasil Survei Terbaru Indikator Politik Indonesia: Pasangan Prabowo-Gibran Menangi Pilpres 2024

Pasangan Prabowo-Gibran sebelum mendaftar ke KPU sebagai peserta Pilpres 2024-Galih Pradipta-ANTARA

FIN.CO.ID - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan pasangan Prabowo-Gibran unggul atas dua pasangan lainnya, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Dalam simulasi ini, Prabowo-Gibran didukung oleh 36,1 persen, sementara Ganjar-Mahfud 33,7 persen, dan Anies-Muhaimin 23,7 persen,” katanya dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

Indikator Politik Indonesia mengatakan simulasi pasangan tersebut tidak berbeda signifikan dari simulasi tiga nama. Sebab, Prabowo Subianto juga unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

BACA JUGA:

Dalam simulasi tiga nama, ​​​​​​​Prabowo bertengger pada posisi atas dengan dukungan mencapai 37 persen. Sementara itu, Ganjar berada di posisi kedua dengan 34,8 persen dan Anies mengantongi dukungan 22,3 persen.

Lebih lanjut, Burhanuddin mengatakan keunggulan Prabowo juga berlaku ketika pesta demokrasi berlangsung dua putaran. Dalam simulasi dua nama, mayoritas memilih Prabowo daripada Ganjar.

“Dukungan untuk Prabowo berada di angka 50,8 persen, sementara Ganjar 37,3 persen,” sebut Burhanuddin.

Sama halnya bila Prabowo disimulasikan berhadapan dengan Anies. Ketua Umum Partai Gerindra itu unggul dengan 54,9 persen, sementara Anies mendapat dukungan 31,7 persen.

BACA JUGA:

Dijelaskan Burhanuddin, migrasi suara di antara ketiga bakal capres tersebut cenderung menguntungkan Prabowo.

Apabila Ganjar tidak ikut kontestasi, separuh basis pendukungnya beralih ke Prabowo. Kemudian jika Anies tidak ikut kontestasi, maka basisnya juga berpindah ke Prabowo.

Sementara itu, jika Prabowo tidak ikut kontestasi, basisnya tidak beralih ke salah satu bakal capres, melainkan terbelah berimbang kepada Anies dan Ganjar. Meskipun begitu, imbuh Burhanuddin, migrasi ke Ganjar sedikit lebih besar.

Survei Indikator dilakukan pada 16–20 Oktober 2023, menempatkan 2.567 responden dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 1,97 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: