Jokowi vs PDIP, Kapan Kepala BIN Budi Gunawan dan Seskab Pramono Anung Diganti?

Jokowi vs PDIP, Kapan Kepala BIN Budi Gunawan dan Seskab Pramono Anung Diganti?

Kepala BIN Budi Gunawan dan Seskab Pramono Anung-fin/diolah-

Meski begitu, Pramono Anung enggan berkomentar lebih jauh soal status Jokowi dan Gibran di PDIP. "Itu urusan partai. Tugas saya sekretaris kabinet, urusannya di sini," papar Pramono.

BACA JUGA:

Terkait isu tersebut Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani dengan tegas membantahnya. Menurutnya, tidak ada alasan Pramono Anung mundur dari posisi Seskab. Kecuali Presiden Jokowi sudah tidak mempercayainya lagi.   

"Lha, Mas Pram kan nggak punya salah. Menteri-menteri yang lain juga nggak ada salah. Kecuali Presiden kemudian sudah tidak mempercayai Mas Pramono lagi ya, baru Presiden akan menyampaikan hal tersebut ke Mas Pram. Jadi kenapa tiba-tiba harus seperti itu. Kan nggak ada dasarnya," tutur Puan.

Sebelumnya, sebanyak 7 menteri dari PDIP diisukan bakal mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Kabarnya, ini terkait sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berseberangan dengan PDIP.

Terlebih, Jokowi secara lugas merestui anaknya Gibran Rakabuming maju sebagai Cawapres Prabowo Subianto.

Konon kabarnya, PDIP akan menarik keluar 7 menteri yang saat ini duduk di kabinet pemerintahan Jokowi - Makruf Amin. 

  1. Yasonna H. Laoly (Menteri Hukum dan HAM)
  2. Tri Rismaharini (Menteri Sosial) 
  3. Abdullah Azwar Anas (Menpan RB) 
  4. I Gusti Ayu Bintang Darmawati (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) 
  5. Pramono Anung Wibowo (Sekretaris Kabinet)
  6. Teten Masduki (Menteri Koperasi)
  7. Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR) 

BACA JUGA:

Terkaii hal ini, Puan Maharani juga tidak mau berkomentar panjang lebar. Alasannya, kabar tersebut hanya isu. "Itu hanya isu ya. Hanya isu," tegas Puan. 

Menurutnya, jabatan menteri adalah hak prerogatif Presiden. Tugas menteri adalah membantu Presiden dalam menjalankan tugasnya.

"Jika Presiden percaya dan kemudian masih menugaskan menteri-menteri yang ada, ya menteri itu wajib untuk menuntaskan dan membantu presiden dalam bekerja di kabinet," terang Puan. 


Momen Ganjar Pranowo dan Jokowi gandeng Megawati Soekarnoputri saat Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).--

Pramono Jembatan PDIP dan Jokowi

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti memprediksi PDIP akan menarik satu kadernya dari Istana. Yaitu Seskab Pramono Anung. 

"PDIP tidak akan mengatakan kami akan tarik anggota kabinet. Paling satu kader akan diminta keluar atau mengundurkan diri. yaitu Pramono Anung," kata Ray.

Mengapa Pramono Anung? Ray menyebut mantan sekjen PDIP itu ditempatkan di posisi Seskab ntuk menjembatani komunikasi PDIP dan Jokowi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: