Tok, KPU Secara Resmi Tutup Pendaftaran Capres-Cawapres Pilpres 2024

Tok, KPU Secara Resmi Tutup Pendaftaran Capres-Cawapres Pilpres 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari-Narda Margaretha Sinambela-ANTARA

FIN.CO.ID - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) terkahir yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

KPU pun secara resmi telah menutup pendaftaran capres-cawapres peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengumumkan pendaftaran bakal capres dan cawapres telah berakhir pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Tampaknya ini sudah selesai (pendaftaran capres-cawapres), tidak ada gabungan partai politik lagi yang akan datang," ujarnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023.

BACA JUGA:

Pasalnya, partai politik peserta Pemilu 2019 yang memiliki suara sudah ikut dalam gabungan partai untuk mendaftarkan pasangan bakal capres-cawapres masing-masing.

Untuk itu, pendaftaran bakal capres-cawapres yang semula dibuka pada 19-25 Oktober 2023 dan pada hari terakhir, Rabu, dibuka hingga pukul 23.59 WIB resmi ditutup.

Dia menyebutkan pasangan bakal calon yang pertama kali mendaftarkan ke KPU adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Pasangan Anies-Cak Imin mendapat dukungan tiga partai politik dari parlemen, yakni Partai NasDem yang memiliki 59 kursi di parlemen atau 10,26 persen, PKB 58 kursi atau 10,09 persen, dan 50 kursi atau 8,70 persen milik PKS.

BACA JUGA:

"Sehingga total kursi yang digunakan untuk syarat pencalonan 3 partai politik tersebut adalah sebanyak 167 kursi DPR RI hasil Pemilu 2019 atau setara dengan 29,04 persen," katanya.

Kemudian, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Ini merupakan pasangan kedua capres-cawapres yang mendaftar ke KPU. 

Pasangan Ganjar-Mahfud didukung oleh PDIP yang memiliki kursi di parlemen 128 kursi atau 22,56 persen dan PPP 19 kursi atau 3,30 persen.

Meski demikian, ada beberapa partai lain di luar parlemen yang turut mendukung Ganjar-Mahfud, seperti Perindo dan Partai Hanura.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: