Malam Ini Terjadi Gerhana Bulan Penumbra Bisa Disaksikan Semua Wilayah, Ini Waktunya!

Malam Ini Terjadi Gerhana Bulan Penumbra Bisa Disaksikan Semua Wilayah, Ini Waktunya!

Link Nonton Gerhana Bulan Total, Image oleh 0fjd125gk87 dari Pixabay--

Gerhana Bulan Penumbra Bisa- 

GERHANA bulan penumbra diprediksi terjadi malam ini, Jumat 5 Mei 2023. Semua wilayah di Indonesia berpotensi menyaksikan langsung gerhana bulan penumbra ini. 

Gerhana bulan penumbra adalah gerhana bulan yang terjadi ketika bulan berada di dalam daerah penumbra Bumi, yang merupakan bayangan Bumi yang kurang gelap. 

Ketika ini terjadi, cahaya Matahari masih dapat menembus atmosfer Bumi dan mengenai permukaan Bulan, tetapi cahayanya menjadi lebih redup atau teredam. 

Hal ini menyebabkan Bulan terlihat lebih redup dan gelap pada sisi yang berada di dalam bayangan Bumi, tetapi tidak sepenuhnya tertutup oleh bayangan Bumi seperti pada gerhana bulan total. 

Gerhana bulan penumbra biasanya terjadi beberapa kali dalam setahun dan bisa terlihat dari beberapa wilayah di Bumi, tergantung pada lokasi Bulan dan Bumi saat terjadinya gerhana. 

BACA JUGA:

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Rhorom Priyatikanto menjelaskan, 

peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. 

Fenomena ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 

"Penyebabnya adalah posisi Bulan, Bumi, dan Matahari yang hampir segaris. Tapi ketiganya tidak cukup segaris untuk menghasilkan Gerhana Bulan total," ujar Rhorom lewat keterangan tertulis dilansir fincoid, Jumat 5 Mei 2023.

 Rhorom menjelaskan, semua wilayah Indonesia ajan menyaksin fenomena ini. Di dilihat di wilayah Indonesia sekitar tengah malam, yang terjadi pada tanggal 5 sampai 6 Mei 2023 pukul 21.15 WIB.

"Gerhana mulai tanggal 5 Mei 2023 dari pukul 21.15 WIB dan selesai pukul 01.30 WIB keesokan harinya dan puncaknya pada 23.24 WIB," jelasnya. 

Dia menjelaskan, saat bulan memasuki penumbra, terangnya berkurang secara gradual.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: