Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Afganistan 16 Orang Tewas, Puluhan Lainnya Luka-Luka

Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Afganistan 16 Orang Tewas, Puluhan Lainnya Luka-Luka

Warga Afghanistan duduk di depan rumah yang rusak akibat gempa bumi di desa Sarbuland Zendeh Jan, distrik provinsi Herat, pada 7 Oktober 2023 [Mohsen Karim/ AFP]--

FIN.CO.ID- Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter terjadi di Afganistan pada Sabtu 7 Oktober 2023.

Gempa itu menyebabkan 16 orang tewas dan 45 orang lainnya luka-luka. 

Survei Geologi AS (USGS) menyebut, gempa tersebut terjadi 35 km (20 mil) barat laut kota Herat, dengan gempa berkekuatan 6,3 skala Richter. 

Getaran tersebut menyebabkan kepanikan di Herat. “Orang-orang meninggalkan rumah mereka, kami semua berada di jalanan,” kata seorang warga bernama Naseema, dilansir Reuter, Minggu 8 Oktober 2023.

Seorang pejabat di departemen kesehatan Herat, Dr. Danish, mengatakan kepada Reuters bahwa 16 orang tewas dan 45 orang terluka, namun korban jumlah korba bisa bertamba selama petugas penyelamat berusaha mengakses daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau.


Seorang pria bereaksi terhadap kehancuran akibat gempa bumi di distrik Spera di provinsi Khost, Afghanistan 2022. [Sardar Shafaq/Anadolu]--

BACA JUGA:

 “Jumlahnya mungkin berubah,” katanya.

"Jumlah korban tersebut berdasarkan laporan awal dari distrik Zinda Jan di provinsi Herat, kata Mullah Jan Sayeq, juru bicara kementerian manajemen bencana Afghanistan.

Dia menambahkan, gempa bumi juga mengguncang provinsi Farah dan Badghis, di mana terdapat laporan kerusakan rumah yang luas, namun tidak ada rincian mengenai korban jiwa.

"Tim darurat dan sukarelawan sedang bersiap untuk pergi ke Herat dan membantu para korban, kata Erfanullah Sharafzoi," juru bicara Bulan Sabit Merah Afghanistan.

Banyak wilayah di Afghanistan yang tidak dapat diakses melalui jalan darat, dan desa-desa yang tersebar sering kali terbuat dari bangunan lumpur yang rentan runtuh.

Gempa bumi tahun lalu di Afghanistan timur menewaskan 1.000 orang dan melukai ratusan lainnya.  

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: