KPK Dikabarkan Tetapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo Tersangka Kasus Jual Beli Jabatan di Kementan

KPK Dikabarkan Tetapkan Mentan Syahrul Yasin Limpo Tersangka Kasus Jual Beli Jabatan di Kementan

Mentan Syahrul Yasin Limpo usai menjalani pemeriksaan di KPK, Senin, 19 Juni 2023 -Reno Esnir-ANTARA

FIN.CO.ID - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan telah menetapkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka.

Tidak sendirian, Mentan Syahrul Yasin Limpo ditetapkan sebagai tersangka bersama pejabat Kementerian Pertanian (Kementan), yaitu Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta dan Staf Khusus bidang Kebijakan Pertanian Imam Mujahidin Fahmi.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dan dua pejabat Kementan tersebut ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Jual Beli Jabatan di Kementerian Pertanian.

Kabar Mentan Syahrul Yasin Limpo, Muhammad Hatta dan Imam Mujahidin Fahmi beredar melalui pesan di grup WhatsApp.


Menteri Pertanian Syharul Yasin Limpo dan Presiden Jokowi--Dok Kementan

Meski demikian, belum ada penjelasan resmi dari KPK tentang penetapan tersangka Mentan Syahrul Yasin Limpo dan dua pejabat Kementan lainnya.

Diketahui sehari sebelum muncul kabar penetapan tersangka, penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo yang berlokasi di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis, 28 September 2023. 

Saat penyidik KPK melakukan penggeledahan, Mentan Syahrul Yasin Limpo tengah berada di Roma, Italia.

BACA JUGA:

Mentan Syahrul Yasin Limpo berada di Roma untuk menghadiri forum Global Conference on Sustainable Livestock Transformation. 

"Saya mewakili pemerintah Republik Indonesia hadir dalam forum Global Conference on Sustainable Livestock Transformation yang diadakan oleh FAO di Roma, Italia," tulis akun Instagram @syasinlimpo yang diunggah pada Rabu 27 September 2023. 

Dalam unggahannya, terdapat beberapa slide foto yang memperlihatkan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) tengah menjadi pembicara dan bersalaman dengan beberapa peserta forum pertemuan.

"Dalam pertemuan ini, saya mengajak seluruh negara untuk memperkuat kerja sama dalam mengatasi berbagai masalah di bidang pangan. Sebab, ini sektor strategis yang bisa berdampak luas. Kerja sama ini tidak hanya pada produksi saja, tetapi juga terkait industri hilir. Produk yang sudah diolah harus mendapatkan pasar yang jelas. Saya berharap konferensi ini mampu menghasilkan rekomendasi dan paradigma baru yang bisa dibawa dan diimplementasikan oleh seluruh negara," tulis akun tersebut.

Penggeledahan Rumah Dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo digeledah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis, 28 September 2023.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: