Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo Digeledah KPK

Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo Digeledah KPK

Mentan Syahrul Yasin Limpo (kiri) usai memberikan keterangan terkait penyelidikan dugaan kasus korupsi Kementerian Pertanian di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Senin (19/6/2023). -Reno Esnir-ANTARA

FIN.CO.ID - Rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo digeledah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis, 28 September 2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan penyidik KPK menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Benar, ada giat (kegiatan, red.) tim KPK di sana," katanya, Kamis, 28 September 2023.

Namun, Ali belum memberikan keterangan lebih detail mengenai apa saja temuan tim KPK dalam penggeledahan tersebut. Hingga berita ini ditulis, proses penggeledahan masih berlangsung.

"Giat (kegiatan, red.) sedang berlangsung," ujar Ali.

Sebelumnya, pada tanggal 14 Juni 2023, KPK mengumumkan telah membuka penyelidikan soal dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Informasi tersebut diumumkan oleh Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu.

BACA JUGA:

"KPK sedang melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementan," kata Asep.

Saat itu, Asep belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kasus tersebut karena prosesnya masih dalam tahap penyelidikan.

"Betul, masih dalam proses penyelidikan. Mohon maaf belum ada informasi yang bisa kami sampaikan," tambah Asep.

KPK juga telah memanggil Syahrul Yasin Limpo pada tanggal 19 Juni 2023 untuk memberikan keterangan terkait kasus penyelidikan dugaan korupsi di Kementan.

"Saya memenuhi panggilan dari KPK, yang selama ini dua kali sebelumnya dipanggil, saya dalam kegiatan yang terkait kegiatan negara," kata Syahrul Yasin Limpo kepada wartawan di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Senin (19/6).

Mantan gubernur Sulawesi Selatan itu pun menyatakan siap untuk bersikap kooperatif dan hadir kapan pun ketika diperlukan KPK.

"(Saya) Akan kooperatif kapan pun dibutuhkan, saya siap hadir," tambah Syahrul.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: