45 Desa Dilanda Kekeringan, Warga Bersama Pemkab Bekasi Gelar Salat Istisqa Memohon Turun Hujan

45 Desa Dilanda Kekeringan, Warga Bersama Pemkab Bekasi Gelar Salat Istisqa Memohon Turun Hujan

Pemerintah Kabupaten Bekasi juga menggelar Sholat Istisqa berjamaah memohon hujan turun-Dokumen Istimewa-

Bekasi, fin.co.id - Sebagian besar wilayah masih menghadapi kekeringan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama warga menggelar Salat Istisqa. 

Salat Istisqa digelar, dengan harapan diberikan hujan di tengah kekeringan yang kini sedang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Bekasi. 

"Alhamdulillah ini (Salat Istisqa) juga sudah dilaksanakan di beberapa wilayah," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi Bennie Yulianto Iskandar saat dikutip, Rabu 27 September 2023. 


Pendistribusian bantuan air bersih di Kabupaten Bekasi -Dokumen Istimewa-

Menurutnya, beberapa wilayah dalam waktu dekat juga akan melaksanakan Salat Istisqa diantaranya Serangbaru, Bojongmangu, dan Cibarusah. 

"Paling terdampak kan ada 3, sudah banyak bantuan kita akan konsentrasikan di Serangbaru sebagai kecamatan yang paling terdampak," ucapnya. 

Secara terpisah Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengungkapkan, Pemkab Bekasi terus menyalurkan bantuan air ke seluruh wilayah kekeringan. 

BACA JUGA:

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 3.810.400 liter bantuan air bersih telah didistribusikan ke wilayah kekeringan di Kabupaten Bekasi. 

"Selain upaya-upaya lahirnya sudah kita laksanakan, berbagai upaya pengiriman air bersih dengan berbagai sarananya, perbaikan saluran air, pompanisasi, dan sebagainya," ungkap Dani Ramdan. 

Ia menilai aksi nyata di lapangan perlu dijalankan bersamaan dengan Salat Istisqa, hal itu dilakukan karena seluruhnya merupakan kehendak yang kuasa. 


Kondisi kekeringan sawah di wilayah Bekasi-Tuahta Aldo-

"Tentu upaya lahir itu tidak akan pernah cukup, dan memang ikhtiar lahir harus diimbangi dengan ikhtiar batin, karena semua kehendak Allah SWT," jelasnya. 

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bekasi per Minggu 24 September 2023 malam, sebanyak 45 desa dari 10 kecamatan di wilayahnya masih dilanda kekeringan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: