News

Anies Baswedan Komentari Wacana Tarung dengan Duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

fin.co.id - 22/09/2023, 18:38 WIB

Ganjar dan Prabowo

Anies Baswedan - Calon Presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan menanggapi wacana duet Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo atau Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto.

Wacana menduetkan Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto mencuat setelah Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut adanya potensi menduetkan dua tokoh tersebut.

Jika terwujud, maka Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan bertarung dengan Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo atau sebaliknya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Munculnya wacana tersebut enggan dikomentari Anies Baswedan. Dia menyebut bahwa kemungkinan dua poros pengusung di Pilpres 2024 bukanlah isu baginya.

"Kami konsentrasi kepada Koalisi Perubahan. Kita sudah solid, kita siap menyongsong Pemilu dan Pilpres. Jadi nanti apakah akan ada berapa pasang dan lain-lain bagi kami itu nonisu. Karena isunya bagi kita adalah bagaimana kita siap mengantisipasi," katanya di Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Jumat, 22 September 2023.

Anies mengatakan bahwa dia saat ini hanya fokus ke Pilpres 2024 dan menolak mengomentari terkait isu akan diduetkannya Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:

"Ya bukan kita yang mengomentarinya dong, oke," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat membuka peluang duet Ganjar Pranowo dengan Prabowo Subianto sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.

Menurutnya, dinamika politik menjelang Pilpres 2024 masih dinamis. Sebab, sebulan menjelang pendaftaran capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih akan banyak dinamika politik yang dapat terjadi.

"Semua kemungkinan masih bisa, ya kan? Semua kemungkinan masih bisa," ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/9).

Kendati demikian, dia mengaku tak mengetahui apabila ada pembicaraan di internal PDIP soal duet Ganjar-Prabowo.

Djarot kemudian mengungkit soal kemungkinan terjadinya Pilpres 2024 hanya diikuti oleh dua pasangan capres-cawapres seperti yang belakangan disebutkan oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid dan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi.

BACA JUGA:

Dia meyakini salah satu pasangan capres maju adalah yang didukung oleh PDIP yaitu Ganjar Pranowo.

Admin
Penulis
-->