Ditinggal Muhaimin Iskandar, Elektabilitas Prabowo Subianto Justru Naik di Jawa Timur

Ditinggal Muhaimin Iskandar, Elektabilitas Prabowo Subianto Justru Naik di Jawa Timur

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto--Tim Media Prabowo

Elektabilitas Prabowo Subianto - Prabowo Subianto mungkin sangat bersyukur usai ditinggal Muhaimin Iskandar yang memilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.

Sebab usai ditinggal Muhaimin Iskandar, elektabilitas Prabowo Subianto di Jawa Timur justru meningkat tajam.

Hasil Survei Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebut elektabilitas capres Prabowo Subianto meningkat di Jawa Timur usai deklarasi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Surabaya.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan usai PKB hengkang ke Koalisi Perubahan, elektabilitas Prabowo Subianto naik menjadi 39,33 persen dari yang sebelumnya sebesar 33,7 persen.

"Pada Juli 2023, saat PKB dan Cak Imin mendukung Prabowo angkanya 33,7 persen. Setelah deklarasi AMIN elektabilitas Prabowo naik menjadi 39,33 persen dan menjadi bakal capres dengan elektabilitas tertinggi di Jatim," katanya dalam keterangannya, Jumat, 22 September 2023.

Dia menilai peningkatan elektabilitas Prabowo dikarenakan pemilih PKB lebih condong beralih mendukung Ketua Umum Partai Gerindra pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

BACA JUGA:

"Kenaikan angka Prabowo karena responden yang mengaku memilih PKB justru semakin mantap memilih Prabowo dibanding Anies," ujarnya.

Kemudian, dia menyatakan dari hasil telaah pada peta pemilih PKB sebanyak 40,2 persen memilih Prabowo Subianto daripada Ganjar maupun Anies.

"Sebanyak 18,4 persen memilih Ganjar dan 25,7 persen ke Anies. Sebanyak 15,7 persen pemilih PKB masih belum menentukan pilihan," ucapnya.

Di sisi lain, kenaikan elektabilitas Prabowo dipengaruhi adanya peralihan dukungan dari pemilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

"Jadi kepergian PKB dan Muhaimin tidak berdampak signifikan pada Prabowo. Justru elektabilitas Prabowo semakin menguat di Jatim," tuturnya.

Sementara jika dirinci dalam hasil survei dengan pola simulasi tiga nama, maka perolehan elektabilitas Prabowo dengan 39,33 persen, disusul Ganjar Pranowo dengan 35,5 persen, dan Anies Baswedan dengan 21,08 persen.

Survei ARCI dilakukan pada 5-15 September 2023. Survei menggunakan metode "multistage random sampling" dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki "margin of error" sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: