Puan Maharani Harap APBN Terakhir Jokowi Berguna untuk Rakyat, Selama Ini Kemana?

Puan Maharani Harap APBN Terakhir Jokowi Berguna untuk Rakyat, Selama Ini Kemana?

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani saat gladi kotor puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (22/6/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela--

APBN Terakhir Jokowi - Di akhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 bisa berguna untuk rakyat.

Pernyataan tersebut disampaikan Puan Maharani usai Rapat Paripurna yang menyetujui RUU tentang APBN 2024 menjadi UU APBN 2024 di Gedung DPR RI, Kamis 21 September 2023. 

Harapannya, APBN terakhir pemerintahan Jokowi bisa menyelesaikan permasalahan yang sampai hari ini masih belum selesai sesuai dengan target. 

"Target-nya karena kami berharap APBN ini memang APBN untuk rakyat dan setelah dua periode nanti ujungnya APBN terakhir ini akan berguna untuk rakyat," ujar Puan.

Puan berharap APBN 2024 dapat diprioritaskan untuk program-program prioritas Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di akhir masa kepemimpinannya.

"Kami berharap dan mendorong bahwa setelah APBN ini diketok untuk tahun 2024 memang pelaksanaannya adalah APBN yang berkeadilan untuk rakyat, memprioritaskan program-program prioritas dari Pemerintahan Pak Jokowi sampai nanti masa berakhir bulan Oktober 2024," tuturnya.

BACA JUGA:

Puan juga berharap agar APBN 2024 dapat menjaga kemampuan fiskal dalam menjalankan agenda pembangunan nasional, pelayanan umum pemerintahan, dan program strategis nasional.

"Penggunaan konsep Anggaran Berbasis Kesejahteraan (wellbeing budget) pada APBN Tahun Anggaran 2024 harus dapat menjadi acuan bagi setiap kementerian dan lembaga dalam mengusulkan anggarannya pada tahun anggaran yang akan datang," ujarnya.

Untuk itu, dia mengingatkan agar seluruh program di kementerian atau lembaga untuk tahun anggaran 2024 diarahkan pada program-program yang berkualitas sehingga alokasi anggarannya pun dapat dirasakan oleh kelompok penerima manfaat.

"Anggaran Berbasis Kesejahteraan tersebut, juga harus dapat mencerminkan kinerja APBN dengan capaian peningkatan kesejahteraan rakyat yang secara langsung dirasakan manfaatnya," ujarnya.

Dia menekankan pula pentingnya penguatan sinergi antara DPR dan pemerintah terhadap realisasi arah kebijakan fiskal, moneter, dan sektor riil untuk menjaga stabilitas ekonomi yang dilakukan secara efektif.

"Kami DPR dan pemerintah bersama-sama melaksanakan APBN ini," ucapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: