BRIN Sebut Jokowi Pegang Data Parpol dari Intelijen Terindikasi Penyalahgunaan Kekuasaan

BRIN Sebut Jokowi Pegang Data Parpol dari Intelijen Terindikasi Penyalahgunaan Kekuasaan

Presiden Jokowi akan pulang kampung dan berlebaran bersama keluarga di Solo- Mentari Dwi Gayati-ANTARA

Data Parpol Jokowi - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengaku memegang data internal partai politik ditanggapi Badan Risat dan Inovasi nasional (BRIN). 

BRIN menilai, jika perbuatan Jokowi yang memiliki data partai politik tersebut merupakan bentuk penyalahgunaan wewenang. 

Koordinator Klaster Riset Konflik Pertahanan dan Keamanan BRIN Muhamad Haripin menilai, pernyataan Jokowi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. 

Haripin mengatakan, jika harus ada tindak lanjut dari para pengawas intelijen terkait pernyataan Jokowi tersebut. 

Menurutnya, ada risiko praktik intelijen politik yang dilakukan Jokowi karena memiliki data internal parpol. 

Ia menilai, ada indikasi penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Jokowi ataupun penyalahgunaan intelijen. 

BACA JUGA:

"Pandangan kami ada suatu bentuk penyalahgunaan kekuasaan atau indikasi terjadinya penyalahgunaan intelijen untuk kepentingan kekuasaan," kata Haripin, Kamis 21 September 2023. 

Hal tersebut disampaikan Haripin dalam webinar bertajuk "Bahaya Penyalahgunaan Intelijen dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku jika dirinya memiliki informasi lengkap terkait kondisi partai-partai politik (parpol) di Indonesia termasuk keinginan dari partai politik tersebut.

“Dalamnya partai seperti apa saya tahu, partai-partai seperti apa saya tahu. Ingin mereka menuju kemana saya tahu. Informasi yang saya terima komplit,” kata Jokowi. 

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi di Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu 16 September 2023.

Jokowi melanjutkan, dirinya memiliki informasi intelijen dari berbagai pihak, dan juga informasi mengenai data terbaru, hingga survei terkait partai politik.

“Dari intelijen saya ada, BIN (Badan Intelijen Negara). Dari intelijen di Polri, ada. Dari intelijen di TNI, saya punya, BAIS (Badan Intelijen Strategis), dan info-info di luar itu. Angka, data, survei, semuanya ada,” kata Jokowi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: